Program 1000 Embung Jadi Solusi Atasi Kekurangan Air Bersih di Anambas
Oleh : Fredy Silalahi
Rabu | 19-07-2017 | 18:27 WIB
Ilustrasi-embung.gif
Embung tidak hanya berfungsi sebagai lokasi penadah air hujan, bahkan juga busa dijadikan lokasi wisata (Sumber foto: republika.co.id)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kepulauan Anambas meminta Dinas Pekerjaan Umum (DPU) mendata dan memberikan informasi untuk menyukseskan Program 1000 Embung oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

"Air merupakan kebutuhan dasar semua orang. Dan air ini selalu menjadi persoalan di setiap desa. Adanya Program 1000 Embung dari Kemendes, diharapkan dapat mengatasi persoalan desa. Ini harus didukung, karena ada sejumlah desa yang benar-benar tidak memiliki sumber air, dan embung menjadi solusi yang paling tepat," ujar anggota Komisi III DPRD Anambas, Raja Bayu, Rabu (19/7/2017).

Sementara Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Kepulauan Anambas, Effi Sjuhairi, mengakui bahwa pihaknya tengah melakukan pendataan ke desa-desa terkait program pembangunan embung oleh Kemendes.

"Kami tengah melakukan survey di seluruh desa, nanti akan ada surat rekomendasi yang layak dibangun embung," akunya.

Effi menguraikan, program Kemendes tersebut menjadi prioritas di 61 kabupaten/kota. Menurut Effi, masuknya Anambas dalam program pembangunan embung merupakan perhatian Pemerintah Pusat di Pulau Terdepan dan Terluar.

"Embung sudah jelas akan memenuhi kebutuhan masyarakat. Karena embung menjadi andalan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan air. Mengingat kondisi daerah kita ini terdiri dari pulau-pulau, dan tidak semua pulau memiliki sumber mata air. Oleh karena itu kami akan melakukan pendataan semaksimal mungkin, agar pembangunan embung merata," tegasnya.

Editor: Udin