Penerapan UNBK di Anambas Terkendala Fasilitas Komputer dan Jaringan Internet
Oleh : Alfreddy Silalahi
Rabu | 12-07-2017 | 13:02 WIB
UNBK-SMK51.jpg
Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMKN 5 Batam. (Foto: Dok Batamtoday.com)

?BATAMTODAY.COM, Anambas - Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Kabupaten Kepulauan Anambas sama sekali belum diterapkan. Hal tersebut diakibatkan belum tersedianya pendukung UNBK, baik komputer maupun jaringan internet.

Dinas Pendidikan dan Pemuda Olahraga Kabupaten Kepulauan Anambas, Andi Agrial mengatakan penerapan UNBK terkendala karena sulitnya untuk mendapatkan sinyal internet.

"Tahun ini belum ada sekolah yang menerapkan UNBK. Ini terkendala pada jaringan internet yang sulit didapatkan," ujarnya, Rabu (12/7/2017).

Andi mengklaim pihaknya sudah mengusulkan penyediaan internet (vsat) kepada Kementerian Pendidikan. Dari 25 sekolah yang diusulkan baru 3 sekolah yang terealisasi.

"Sudah kami usulkan, agar 25 sekolah di Anambas dibantu penyediaan internet (vsat). Tetapi baru 3 yang terealisasi. Apa lagi kondisi sekolah berada di pulau-pulau, tentu ini yang sulit untuk penerapannya. Sehingga Ujian Nasional khusus Anambas masih manual (tertulis)," jelasnya.

Disinggung mengenai ketersediaan komputer, Andi mengatakan belum semua sekolah memiliki komputer. "Perlahan-lahan akan disediakan, ini butuh waktu dan proses," katanya.

Editor: Yudha