DPRD Anambas Minta Bupati Ganti Kepala OPD yang Lamban
Oleh : Fredy Silalahi
Senin | 10-07-2017 | 19:28 WIB
Muhammad-Dai-728x349.jpg
Wakil Ketua Komisi III DPRD Anambas, Muhammad Dai (Foto: Fredy Silalahi)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Lambannya kinerja sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam melaksanakan pembangunan menjadi sorotan Wakil Ketua Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kepulauan Anambas, Muhammad Dai. Menurutnya, Bupati dan Wakil Bupati harus melakukan evaluasi kinerja terhadap Pimpinan OPD.

"Kami meminta Bupati dan Wakil Bupati melakukan evaluasi kinerja, dan setelah itu akan terlihat hasilnya. Kalau memang tak memuaskan, lebih baik langsung diganti saja. Saat ini visi-misi Bupati dan Wakil Bupati sangat bagus dan sejalan dengan program kerja Presiden Republik Indonesia dan Gubernur Kepri. Tetapi harus didukung kinerja," ujar Muhammad Dai, Senin (10/7/2017).

Dai juga menguraikan, ide penggantian Pimpinan OPD tersebut lahir ketika DPRD melakukan rapat tertutup dengan sejumlah OPD belum lama ini. Menurutnya, ada sejumlah Pimpinan OPD yang layak dipertahankan.

"Sebelumnya kami sudah melakukan rapat internal dan ada juga pemanggilan sejumlah OPD. Saat itu kami meminta pimpinan OPD melakukan pemaparan kinerja, memang ada yang bagus tetapi ada yang tidak layak dipertahankan dan harus diganti. Kalau ini dibiarkan, maka daerah dan masyarakat yang menjadi rugi. ?Karena sasaran pembangunan itu adalah masyarakat," tegasnya.

Ketika disinggung OPD yang lamban bekerja, Dai enggan merincikan. Dia mendesak kembali agar Bupati dan Wakil Bupati melakukan evaluasi kinerja OPD. "Secara lisan sudah kami sampaikan kepada Bupati dan Wakil Bupati. Dalam waktu dekat, kami akan segera menyampaikan secara tertulis mengenai evaluasi kinerja itu. Kasihan masyarakat tak dapat menikmati pembangunan," tegasnya.

Sebelumnya, Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas kerap melakukan rapat mengenai program. Bahkan, belum lama ini Bupati meminta OPD melakukan pemaparan kinerja di Aula Kantor Bupati.

"Pemaparan dilakukan agar pembangunan selaras dengan rencana yang sebelumnya yang sudah tersusun, baik itu RPJMD maupun RKPD?," ujar Abdul Haris, belum lama ini.

Editor: Udin