Kinerja Dinas PU Anambas Terkesan Lambat, Lelang Proyek Belum Juga Kelar
Oleh : Alfreddy Silalahi
Senin | 10-07-2017 | 14:38 WIB
Kadis-PU-Anambas11.gif
Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kabupaten Kepulauan Anambas, Effi Sjuhairi. (Foto: Freddy)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Proyek spembangunan strategis yang ditangani Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Kepulauan Anambas terkesan lambat. Pasalnya hingga saat ini belum ada satupun proyek yang selesai dilelang.

"Semua proyek strategis masih proses lelang. Ini sudah termasuk cepat, karena Provinsi belum ada yang berjalan," kata Effi Sjuhairi, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Kepulauan Anambas, Senin (10/7/2017).

Dinas PU juga terkesan mengulur-ngulur waktu lelang. Sebab sebelumnya, Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas meminta proses lelang paling lambat Maret 2017, ternyata molor dan diberi waktu hingga Juni 2017. Namun, hingga saat ini tak kunjung dilelang.

"Kendala lelang ini ada pada dokumen, semua harus terperinci secara detail. Target kami minggu keempat bulan Juli, semua proyek sudah dilelang," urainya.

Sebelumnya, serapan anggaran semester I Pemkab Kepulauan Anambas hanya berkisar 30 persen lebih. Dimana total APBD 2017 berkisar Rp 824,9 Miliar. Hal tersebut meliputi gaji pokok, operasional dan perjalanan dinas.

Kepala Bagian Administrasi Pemerintahan, sekaligus Kepala ULP, Tety menguraikan, sebanyak 55 paket proyek yang sudah keluar Surat Perintah Tugas (SPT) pelelangan. Sedangkan 21 proyek yang sama sekali belum ada permohonan, karena Kelompok Kerja (Pokja) Organisasi Perangkat Daerah (OPD) belum melengkapi dokumen lelang.

"Ada 76 paket yang dilelang melalui ULP LPSE dengan total anggaran Rp 6 miliar, ini diluar proyek strategis dan diluar pendampingan TP4D. 21 paket belum dilelang, karena terkendala pada OPD itu sendiri. Sesuai laporan Pokja yang kami terima, alasannya karena ada paket yang harus dilakukan kajian,"ujarnya.

Adapun proyek strategis Pemkab Anambas tahun 2017 meliputi, Pembangunan Jalan Lingkar Bajau, Pembangunan Rumah Sakit Jemaja Timur, Pembangunan Masjid Agung?, Jalan Pasir Peti, IPAL RSUD, Finishing Pusat Perkantoran, BLUD Disperindag.

Editor: Yudha