Bupati Anambas Imbau Masyarakat Pulau Jemaja Tidak Bertindak Anarkis Lagi
Oleh : Alfreddy Silalahi
Selasa | 04-07-2017 | 12:26 WIB
Bupati-Anambas4.gif
Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas Abdul Haris. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas Abdul Haris menghimbau masyarakat Pulau Jemaja tidak melakukan aksi anarkis susulan pasca pembakaran alat berat dan aset PT Kartika Jemaja Jaya (KJJ).

"Kemarin kami sudah berdialog dengan masyarakat. Prinsipnya kami meminta masyarakat agar tidak melakukan aksi anarkis lagi. Karena itu akan merugikan masyarakat sendiri," jelasnya, Selasa (4/7/2017).

Dia juga mengakui, pihaknya tidak menyangka aksi anarkis pembakaran alat berat PT KJJ pada 29 Juni lalu. Padahal sebelumnya, Camat sudah diperintahkan merangkul masyarakat, agar suasana tetap kondusif.

"Memang aksi yang dilakukan masyarakat spontanitas. Jadi tak terbendung lagi. Mudah-mudahan lah kedepannya tidak ada lagi aksi anarkis dari masyarakat," akunya.

Haris menambahkan, pihaknya tengah mempelajari dokumen perizinan PT KJJ. Menurutnya, pemicu kemarahan masyarakat yaitu PT KJJ masih dianggap illegal.

"Kalau masyarakat mungkin seperti itu tanggapannya. Tetapi bagi kami tidak semudah itu, kami harus cek satu persatu dokumen perizinannya," ujarnya.

Mengenai proses hukum, Haris berharap masyarakat dan perwakilan PT KJJ kooperatif, serta Kepolisian netral dalam menjalakan pemeriksaan. "Kami berharap dari hasil pemeriksaan bisa didapat kesimpulan dan keputusan. Kalau bisa berdamai," harapnya.

Editor: Yudha