KM Bukit Raya Pindah Rute Selama Lebaran di Anambas
Oleh : Fredy Silalahi
Jum'at | 16-06-2017 | 16:39 WIB
KM-Bukit-Raya.gif
Bukannya menambah armada, PT Pelni malah mengalihkan rute yang ada selama ini dan sama sekali tidak melayani rute Tarempa dan Letung pada mudik lebaran Idul Fitri tahun ini (Sumber foto: Pontianak Post)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Harapan masyarakat Kabupaten Kepulauan Anambas mudik menggunakan KM Bukit Raya, pupus sudah. Pasalnya, KM Bukit Raya dikabarkan beralih rute, dan tidak melayani rute Tarempa dan Letung.

Salah satu calon penumpang, Ryan, mengaku kecewa terhadap kebijakan PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) tersebut. Padahal Ryan sudah menanti-nanti Bukit Raya menuju Tanjungpinang.

"Tiket fery cepat Tanjungpinang-Anambas-Tanjungpinang sudah ludes terjual hingga lebaran. Akses alternatif hanya Bukit Raya, ternyata Bukit Raya tidak melayani rute Tarempa dan Letung hingga lebaran," ujar Ryan dengan kesal, Jumat (16/6/2017).

Sementara calon penumpang lainnya, Nuraida, juga mengaku kecewa terhadap kebijakan tersebut. Dia menyesalkan, Anambas daerah yang berada di perbatasan Indonesia sangat minim transportasi.

"Setiap lebaran, KM Bukit Raya selalu beralih rute. Apa kami ini sudah tak dianggap warga Indonesia lagi. Kami masyarakat perbatasan sangat butuh perhatian. Hari Raya Idul Fitri dirayakan hanya sekali dalam setahun, hanya itu lah momen untuk bertemu dan bersilaturahmi dengan keluarga," kesalnya.

Dia berharap, Pemerintah Daerah membuat solusi untuk transportasi bagi calon pemudik. "Pemda harus bisa mengakomodir transportasi ini. Masyarakat ingin bertemu keluarga, namun terkendala transportasi. Tolong perhatikan kami masyarakat ini," harapnya.

Dikonfirmasi alasan peralihan rute KM Bukit Raya, Perwakilan Pelni di Tarempa, Hubbul Iksan, tidak mau tahu. "Saya tidak tahu apa alasan rute Bukit Raya dialihkan. Tanyakan saja ke Pusat," ujarnya singkat.

Editor: Udin