Tahun Ini, Pemkab Anambas Tak Gelar Bazar Daging
Oleh : Alfreddy Silalahi
Jum\'at | 09-06-2017 | 15:50 WIB
Chatarina-Anambas.gif
Chatarina, Kepala DPPP Kabupaten Kepulauan Anambas. (Foto: Dok Batatmtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Keinginan masyarakat mendapatkan daging murah di Anambas menjelang Hari Raya Idul Fitri tidak direspon baik oleh Dinas Perikanan, Pertanian dan Pangan (DPPP) Kabupaten Kepulauan Anambas. Pasalnya, hingga saat ini belum ada rencana bazar daging.

"Rencana bazar daging sapi belum ada karena kami belum memiliki rumah potong. Hal ini sulit direalisasikan, karena niat masyarakat untuk mengkonsumsi daging tidak begitu tinggi," jelas Chatarina, Kepala DPPP Kabupaten Kepulauan Anambas, Jumat (9/6/2017).

Ketika disinggung mengenai niat masyarakat kurang mengkonsumsi daging akibat harga yang tinggi, Chatarina menampik. Dia menyebutkan, harga daging di pasar tradisional Tarempa sudah tergolong normal. Dimana stok daging sapi juga masih normal menjelang Hari Raya Idul Fitri.

"Saat ini transportasi juga lancar-lancar saja, tidak ada masalah. Harga daging sapi potong Rp 100 ribu per kilo sudah normal, sementara daging sapi segar Rp 140 ribu juga normal. Daging sapi segar aja tidak begitu banyak peminatnya. Saya sering berkunjung ke pasar terkait ketersediaan pangan ini," tegasnya.

Seperti diketahui, Kementerian Perdagangan telah menetapkan Harga Eceran Tertinggi (HET) gula Rp 12.500 perkilogram, minyak Rp 11 ribu per kilogram, dan daging Rp 80 ribu per kilogram. Namun, penetapan HET tersebut tidak berlaku di Anambas.

"Kami tidak boleh intervensi pasar, lagian tingginya harga barang pokok di Anambas diakibatkan transportasi yang mahal," ujar Kepala Disperindag Anambas, Usman belum lama ini.?

Editor: Yudha