Warga Desa Kiabu Keluhkan Listrik dan Air Bersih ke Bupati Anambas
Oleh : Fredy Silalahi
Jum'at | 02-06-2017 | 11:50 WIB
safari-Ramadhan-di-Anambas-011.gif
Bupati dan Wakil Bupati Anambas safari Ramadhan di Desa Kiabu, Kemcamatan Siantan. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Masyarakat Kecamatan Siantan, khususnya Desa Kiabu sangat membutuhkan ketersedian air baku dan listrik untuk memenuhi kebutuhan dasar. Hingga saat ini masyarakat terpaksa saling berbagi air karena tidak memiliki embung maupun sumur.

"Desa Kiabu tidak memiliki sumber mata air. Tolong bantu kami Pak Bupati, carikan solusi supaya kebutuhan dasar ini bisa terpenuhi. Tanpa air kami tidak akan hidup di pulau ini," keluh salah satu warga Desa Kiabu, Husni, Kamis (1/6/2017) malam kemarin.

Camat Siantan Selatan, Akhirzaman melanjutkan, selain ketersediaan air baku, masyarakat Desa Kiabu juga membutuhkan listrik, agar perekonomian masyarakat meningkat. Pasalnya, 214 KK, berkisar 161 KK Desa Kiabu berprofesi nelayan.

"Listrik sangat dibutuhkan masyarakat, karena mayoritas pekerjaan masyarakat adalah nelayan. Nelayan membutuhkan es untuk menjaga kesegaran ikan tangkapan. Tetapi masyarakat sebelum melaut, harus singgah ke Tarempa untuk membeli es. Ini yang perlu didukung Pak Bupati, agar ekonomi masyarakat bisa meningkat, tolong kebutuhan masyarakat ini dipenuhi," ujarnya.

Ia menguraikan, listrik di Desa Kiabu hanya beroperasi dari 17.30-00.00 WIB. Untuk penyediaan es bagi nelayan tidak cukup dengan waktu yang singkat. "Pertumbuhan penduduk mencapai 2 hingga 2,3 persen. Tentu ini harus didukung juga dengan pertumbuhan ekonomi, agar masyarakat tetap bertahan tinggal di pulau-pulau," terangnya.

Menanggapi hal tersebut, Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, Abdul Haris memerintahkan Dinas PU agar segera mencarikan solusi kebutuhan masyarakat tersebut. Sementara mengenai listrik, Haris akan berupaya untuk mengusulkan ke PLN.

"Untuk kebutuhan air, tolong Dinas PU carikan solusi secepatnya. Ini kebutuhan dasar masyarakat, tanpa air masyarakat tidak bisa apa-apa, ini jangan dibiarkan. Mengenai listrik kami tetap berupaya agar PLN segera memasang jaringan baru ke desa-desa yang belum teraliri listrik. PLN juga berjanji, 2019 mendatang seluruh desa di Anambas akan dialiri listrik. Tapi kita harus menunggu," demikian Bupati Anambas pada saat memberi kata sambutan pada safari Ramadhan pertama tahun 2017 di Desa Kiabu.

Adapun rombongan yang mengikuti Safari Ramadhan ke Desa Kiabu yakni,Bupati dan Wakil Bupati, Staff Ahli Bidang Ekonomi, Pabung Kodim Natuna, Sekda, Kepala OPD, Camat Siantan Selatan, Ketua dan Anggota DPRD Kabupaten Kepulauan Anambas, Danramil Tarempa, Wakapolres, Danposal, Baznas, Sekcam, Kepala Desa Kiabu, Apartur Desa, Ketua PKK.

Editor: Gokli