Kapal Pemuda Kepri Tiba di Anambas

Bupati Sebut Pemuda Merupakan Harapan Bangsa
Oleh : Fredy Silalahi
Kamis | 18-05-2017 | 17:38 WIB
Abdul-Haris-sambut-kapal-pemuda-kepri.gif
Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas saat menyampaikan kata sambutan di BPMS kepada peserta dan rombongan Kapal Pemuda Kepri Jelajah Wilayah Kepri(Foto: Fredy Silalahi)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Pemuda merupakan harapan semua bangsa. Pasalnya pemuda merupakan cikal bakal pemimpin negeri. Demikian disampaikan Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, Abdul Haris, saat menyambut peserta Kapal Pemuda Kepri Jelajah Wilayah Perbatasan dengan KRI Teluk Ende 517.

"Oleh karena itu, pemuda harus bisa menempatkan diri, tetap semangat menuju Indonesia jaya. Kalian harus menjadi pemuda tangguh, peduli dengan sesama dan tetap semangat menuntut ilmu demi NKRI ini," ujar Abdul Haris, Kamis (18/5/2017).

Dia juga menyinggung, Kapal Pemuda Kepri Jilid I, merupakan upaya untuk memperkenalkan potensi yang dimiliki oleh Provinsi Kepulauan Riau. Dia sangat mengapresiasi, pasalnya kekayaan laut Kepri belum maksimal dikelola.

"Masih banyak kekayaan laut kita belum dikelola. Mudah-mudahan, adanya kegiatan Kapal Pemuda Kepri Jelajah Wilayah Perbatasan, membuka wawasan bagi para generasi penerus. Manfaatkan kekayaan alam yang ada saat ini. Raih ilmu untuk mengelola alam kita ini, tetapi tetap berikan yang terbaik untuk bangsa dan negara. Satu hal yang perlu saya pertegas, para generasi penerus ini jangan sampai ternoda oleh pergaulan bebas dan jangan ternoda oleh narkoba. Ingat, kalian merupakan harapan bangsa dan negara," tegas Haris.

Sementara Panitia Kapal Pemuda Kepri Jelajah Wilayah Perbatasan, Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Kepri, Maifrizon mengakui, animo pemuda mengikuti Kapal Pemuda Kepri sangat tinggi. Selama Kapal Pemuda Kepri digagas, berkisar 1500 pemuda yang berlomba mendaftar untuk mengikuti kegiatan tersebut.

"Kuota kita hanya 300, tetapi animo pemuda sangat tinggi. Kapal Pemuda Kepri Jilid I ini merupakan perdana, dan masih jauh dari kata sempurna. Tapi kami tetap berupaya, agar Kapal Pemuda Kepri Jilid II bisa lebih baik, dan lebih ramai lagi," jelasnya.

Maifrizon berharap, wawasan yang diperoleh peserta selama berlayar harus dibagikan kepada pemuda lainnya. Sehingga manfaat Kapal Pemuda Kepri bermanfaat bagi seluruh masyarakat luas.

"Jadikan Kapal Pemuda Kepri ini menjadi viral, menjadi perbincangan semua orang Kepri. Agar wawasan yang kita dapat selama berlayar di perairan Kepri, terbuka dan bisa dimanfaatkan oleh orang banyak. Yakinlah, kalau Sumber Daya Alam kaya, maka Sumber Daya Manusia-nya harus siap untuk mengelola itu," tegasnya.

Seperti diketahui, Kapal Pemuda Kepri diselenggarakan dari 17 Mei hingga 21 Mei 2017. Jelajah Wilayah Perbatasan itu dimulai dari Tanjunguban, Rabu 17 Mei, pukul 09:00 WIB dan dilepasn langsung oleh Gubernur Kepri.

Setiba di Tarempa, Kabupaten Kepulauan Anambas, Kamis (18/5/2017) pukul 08:00 WIB, Kapal Pemuda Kepri disambut langsung oleh Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, Abdul Haris, di Pelabuhan Tarempa. Kapal Pemuda Kepri dijadwalkan kan kembali berlayar menuju Kabupaten Natuna pada Jumat (19/5/2017) pukul 07:00 WIB.

Dan bersamaan akan dilakukan Upacara Hari Kebangkitan Nasional di atas KRI Teluk Ende 517. Saat ini rombongan sedang melakukan Seminar Pemuda Bahari di Balai Pertemuan Masyarakat Siantan (BPMS), dan dilanjutkan acara makan malam bersama Bupati dan pertunjukan seni.

Editor: Udin