Jelang Ramadan, Dinsos Anambas Belum Juga Salurkan Rastra
Oleh : Fredy Silalahi
Kamis | 20-04-2017 | 20:02 WIB
bongkar-muat-di-gudang-bulog-Siantan-400x192.gif

Bulog masih bongkar muat di pelabuhan Antang, Desa Tarempa Timur, Kecamatan Siantan beberapa waktu lalu (Foto: Fredy Silalahi) (Foto: dok.batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Menjelang Bulan Cuci Ramadan, masyarakat kurang mampu di Kabupaten Kepulauan Anambas belum mendapat jatah Beras Sejahtera (Rastra). Pasalnya, Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dinsos P3APMD) baru meneken nota kesepahaman dengan Bulog.

"Saat ini Rastra belum didistribusikan. Kami baru mengirim Delivery Order (DO) ke Pemerintah Provinsi. Kalau Rastra tiba di sini, baru akan kami distribusikan kepada masyarakat. Targetnya Bulan Mei mendatang," jelas Kepala Dinsos P3APMD, Yendi, Kamis (20/4/2017).

Yendi menjelaskan, masyarakat penerima Rastra yang disubsidi Kemensos berkisar 1.012 orang, sementara yang disubsidi oleh Pemerintah Daerah berkisar 2.201‎ orang.

"Tetapi kami akan mendata kembali penerima Rastra ini. Jatah Rastra sebanyak 15 Kg per orang, dengan harga Rp1.600 per Kilogram. Kami juga merencanakan, penyaluran Rastra kali ini dilakukan per semeter, karena triwulan I sudah berlalu. Kali ini akan dibagikan 30 Kg per orang, namun ke depannya akan dibagikan kembali per triwulan," jelasnya.

Nurmini, salah satu warga yang belum mendapat jatah Rastra mengaku pihaknya sangat menanti pendistribusian Rastra tersebut. "Ini sudah menjelang puasa, tetapi Rastra tak kunjung datang. Kami sudah tanyakan hal ini kepada Kepala Desa. Balasannya Pemda yang belum siap menyalurkan Rastra. Kami berharap segera disalurkan, karena sudah dekat Bulan Ramadan," ujarnya.

Editor: Udin