Pemkab Anambas Dapat Bantuan untuk Bangun Balai Benih Ikan
Oleh : Fredy Silalahi
Kamis | 20-04-2017 | 19:02 WIB
pasangan-abdul-haris-dan-wah-zulhendra-400x192t.gif

Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas ingin meningkatkan perekonomian masyarakat melalui sektor perikanan. Namun sayang, dalam hal ini Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, kurang cepat merespon hal tersebut.(Foto: dok.batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Anambas - ‎Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas mendapat bantuan dari Pemerintah Pusat untuk membangun Balai Benih Ikan di Anambas. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Anambas yang berprofesi sebagai nelayan budidaya.

"Saat ini kami masih mencari lokasi yang tepat untuk pembangunan Balai Benih Ikan. Kami akan cari lokasi yang tepat, yakni tidak terganggu gelombang ketika musim utara, dan kualitas air yang sesuai dengan benih ikan," ujar Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, Wan Zuhendra, Kamis (20/4/2017).

Wan menambahkan, pihaknya telah meninjau lokasi di Desa Munjan Kecamatan Siantan Timur. Menurutnya, semua lokasi harus ditinjau. Pasalnya, Pemkab Anambas diminta untuk menyediakan lahan untuk Balai Benih Ikan.

"Nanti ada tim yang turun untuk meneliti lokasi yang pas. Untuk itu kami akan keliling pulau untuk meninjau lahan," jelasnya.

Sebelumnya, Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas sempat menyinggung pembangunan Balai Benih Ikan di Anambas kepada masyarakat di Kecamatan Siantan Tengah.

"Sebagai daerah kepulauan, yang masyarakatnya dominan berprofesi nelayan, sudah selayaknya kita memiliki Balai Benih Ikan. Ke depannya kita upayakan agar Balai Benih Ikan terbangun di Anambas," ujarnya belum lama ini.

Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas ingin meningkatkan perekonomian masyarakat melalui sektor perikanan. Namun sayang, dalam hal ini Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, kurang cepat merespon hal tersebut.

Salah satu contoh yakni, gedung pembibitan ikan yang berada di Kecamatan Siantan Tengah, masih mangkrak. Padahal gedung tersebut sudah selesai dibangun tahun lalu, dan masyarakat menanti-nanti gedung pembibitan ikan dioperasikan.

"Gedung pembibitan ikan sudah dibangun, tetapi sampai saat ini belum dioperasikan. Kami sangat menunggu gedung ini segera dioperasikan," cetus Hatta, salah satu tokoh masyarakat Kecamatan Siantan Tengah.

Editor: Udin