Tangkap Ikan Pakai Pukat Mayang, Lanal Tarempa Amankan KM Deli Asahan
Oleh : Alfreddy Silalahi
Senin | 27-02-2017 | 11:50 WIB
KM-Deli-Asahan1.gif

KM Deli Asahan yang diamankan Lanal Tarempa karena menangkap ikan menggunakan Pukat Mayang. (Foto: Alfreddy)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Satu unit kapal pukat mayang berbendera Indonesia, KM Deli Asahan dengan bobot 68 Gross Ton (GT) diamankan oleh Lanal Tarempa, Minggu (26/2/2017). Hal tersebut dilakukan karena pukat mayang beroperasi 8 mil dari Pulau Palmatak.

Kepala Desa Ladan, Kecamatan Palmatak, Abdul Hayan mengakui, belakangan hari ini masyarakat mulai kesulitan mendapat ikan di laut. Masyarakat pun mulai mengeluhkan hal tersebut.

"Awalnya masyarakat mengeluhkan sulitnya mandapat ikan beberapa hari ini. Ternyata tak jauh dari pulau, kapal pukat mayang sedang beroperasi. Sehingga berkisar 6 kapal pompong masyarakat langsung merapat ke kapal pukat itu," terangnya, Senin (27/2/2016).

‎Dia menceritakan, usai masyarakat merapat ke kapal tersebut, masyarakat bernegosiasi dengan tekong kapal supaya berlabuh di pelabuhan Ladan.

"Masyarakat sudah ramai menunggu di pelabuhan. Karena saya khawatir terjadi keributan, saya langsung menelepon Wakil Bupati Anambas. Ternyata tak lama kemudian, kapal Lanal tiba dan membawa kapal pukat mayang menuju Tarempa," terangnya.

Pantauan lapangan, KM Deli Asahan tersebut sudah lego jangkar di Pelabuhan Lanal Tarempa, untuk proses hukum dan pemeriksaan lebih lanjut.

Editor: Yudha