Tahun Ini, 20 Desa di Anambas Ikut Pilkades Serentak
Oleh : Fredy Silalahi
Senin | 27-02-2017 | 10:14 WIB
daftar-101.gif

Daftar Desa yang mengikuti Pilkades serentak tahap pertama di Anambas.(Foto: Fredy Silalahi)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Sebanyak 20 Desa akan menyelenggarakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tahap pertama di tahun 2017.

 

Adapun anggaran Pilkades tersebut, dialokasikan dari APBD Kabupaten Kepulauan Anambas, dengan besaran Rp20 juta/desa, atau dengan total keseluruhan Rp400 juta.

Kepala Seksi Pembinaan dan Pemberdayaan Desa, Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dinsos P3APMD) Kabupaten Kepulauan Anambas, Raja Benny mengatakan, pihaknya sedang melakukan penyusunan jadwal, administrasi dan memberikan regulasi kepada panitia pelaksana Pilkades.

"Saat ini, 20 desa yang akan mengikuti Pilkades serentak akan diisi oleh Penjabat Sementara (Pjs) yang berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS). Mengenai jadwal, direncanakan pada bulan Juni atau Juli 2017 ini,"terang Benny, Senin (27/2/2017).

Dia mengakui, saat ini pihaknya akan tetap berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Kepri mengenai kepanitiaan Pilkades serentak tersebut. Pasalnya, juklak-juknis kepanitiaan belum ada acuan dari Perda maupun Perbub.

"Untuk regulasi kepanitiaan Pilkades, baik itu honor panitia, kita belum memiliki acuan atau paduan. Karena belum diatur dalam Perda atau Perbub, sehingga kami masih berkoordinasi dengan Pemprov Kepri. Sebelumnya ada perda no 13 tahun 2011, tetapi itu berlaku pada Pilkades ditahun 2011, dan sekarang harus dirubah,"tegasnya.

Dia menerangkan, Pilkades tersebut dilakukan tiga tahap, yakni tahap pertama 2017 diikuti 20 desa, tahap kedua 2018 diikuti 20 desa, dan tahap ketiga diikuti 12 desa. Adapun 20 desa yang mengitu tahap pertama yaitu, dari Kecamatan Jemaja 6 desa, Kecamatan Jemaja Timur 4 desa, Kecamatan Palmatak 4 desa, Kecamatan Siantan Selatan 4 desa, Kecamatan Siantan Tengah 1 desa serta Kecamatan Siantan Timur 1 desa.

"Ini juga perlu dikordinasikan dengan Pemprov Kepri, apakah Pilkades serentak ini dilakukan seluruh desa di Kepri, atau serentak khusus Anambas saja,"terangnya.

Editor: Gokli