Generasi Penerus Bangsa Harus Memiliki Tujuan Hidup dan Jangan Mudah Terpengaruh
Oleh : Fredy Silalahi
Jum'at | 24-02-2017 | 18:50 WIB
pemuda-perbatasan.gif

Diskusi Kebangsaan dengan Tema Menjaga Perbatasan digagas oleh Jaringan Pemuda Perbatasan (JPP) di Gedung Nasional Tarempa. Acara tersebut, dihadiri oleh pelajar di Tarempa dan TNI/Polri.‎(Foto: Fredy Silalahi)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Komandan Rayon Militer (Danramil) Tarempa, Kapten (Inf) Syamswuarno, meminta diskusi kebangsaan dengan topik daerah perbatasan dapat diakomodir secara berkala. Demi menambah pengetahuan generasi penerus bangsa di Kabupaten Kepulauan Anambas.

Syamswuarno‎ juga mengajak generasi muda untuk memikirkan tujuan hidup ketika sudah menduduki Sekolah Menengah Atas.

"Pendidikan sangat penting bagi generasi penerus bangsa. Dan tanamkan mindset dalam hidup harus memiliki tujuan hidup. Pikirkan tujuan setelah menempuh pendidikan menengah atas," tegas Syamswuarno saat menjadi narasumber pada diskusi kebangsaan dengan tema Masyarakat Perbatasan Garda Terdepan Penjaga NKRI, Jumat (24/2/2017).

Dia juga mengingatkan, generasi penerus bangsa tidak melupakan Pancasila sebagai Ideologi Negara Indonesia, dan menegakkan konsep Bhineka Tunggal Ika.

"Kita ini makhluk sosial yang hidup secara berkelompok dan kita dilingkupi berbagai macam adat dan budaya. Jadi jangan lupa menegakkan konsep kebhinekaan dalam kehidupan sosial ini," jelasnya.

Sementara, Kapten (mar) Hadi Siswanto, Perwira staff potensi maritim Lanal Tarempa menegaskan, daerah perbatasan memiliki potensi diserang dan disusupi oleh kepentingan pihak-pihak tertentu. Menurutnya, metode penjajahan saat ini tidak melalui perang, namun melalui cara modern yang terselubung.

"‎Saat ini perang tidak terbuka sudah meluas, baik melalui ekonomi, politik dan sosial budaya. Ditambah lagi canggihnya teknologi, tak menutup kemungkinan penjajahan semakin luas di Indonesia. Kita juga harus mampu mengendalikan diri dari provokator," tegasnya.

‎"Pembinaan pada desa-desa yang berada di pesisir menjadi salah satu cara untuk memperkuat pertahanan di bidang kemaritiman. Dan menjaga keutuhan serta kedaulatan NKRI adalah tugas kita bersama. Tugas kami saat ini juga mengantar para pemuda-pemudi menjadi generasi berikutnya. Dan perlu ditanamkan, kita semua memiliki hak untuk membela negara," singgungnya.

‎Seperti diketahui, Diskusi Kebangsaan dengan Tema Menjaga Perbatasan digagas oleh Jaringan Pemuda Perbatasan (JPP). Acara tersebut, dihadiri oleh pelajar di Tarempa dan TNI/Polri.‎

Editor: Udin