Pertahankan WTP, Wabup Anambas Minta Pengelolaan Anggaran Lebih Baik Lagi
Oleh : Fredy Silalahi
Selasa | 21-02-2017 | 19:38 WIB
wan-zuhendra-baru-okeh.gif

Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, Wan Zuhendra (Foto: dok.batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Kepulauan Anambas mendesak Organisasi Perangkat Daerah (OPD)‎ dan pemerintahan desa segera menyampaikan laporan pengunaan anggaran tahun 2016 lalu. Pasalnya, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) sedang melakukan audit pendahuluan penggunaan anggaran Pemkab Anambas.

"Kami targetkan, 10 Maret 2017 mendatang, laporan keuangan daerah sudah selesai dan disampaikan kepada BPK. Dan BPK sudah melakukan audit pendahuluan hingga 6 Maret mendatang," kata Kepala BKD, Azwandi, Selasa (21/2/2017).

Dia menerangkan, progres laporan keuangan yang disusun BKD sudah mencapai 85 persen. Sementara beberapa OPD belum menyampaikan hasil laporan, dan baru 3 desa yang menyampaikan hasil laporan penggunaan anggaran tahun 2016.

"28 Februari ini kami target sudah masuk finalisasi keuangan OPD, dan penggunaan Dana Desa juga paling lambat diserahkan tanggal 28 Februari. Saat ini ada perubahan dalam penyampaian laporan keuangan, yakni harus dimulai dari draf penggunaannya. Kalau dulu hasil finalnya saja, dan audit juga mengalami perluasan, harus menyertakan LAKIP," terangnya.

‎Sementara Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, Wan Zuhendra, meminta jajarannya untuk lebih baik dalam pengelolaan anggaran. Hal itu, katanya, guna mempertahankan predikat WTP.

"Jika pengelolaan dan pemahaman dalam pelaporan keuangan ini baik, maka diyakini kita akan tetap mempertahan WTP," ujarnya singkat.

Editor: Udin