Satu Tahun Masa Kepemimpinan Haris-Wan

Visi-Misi Belum Semua Sentuh Masyarakat
Oleh : Fredy Silalahi
Jum'at | 17-02-2017 | 14:38 WIB
wabubanambasdanmasy.jpg

Wakil Bupati Anambas, Wan Zuhendra saat menanggapi keluhan masyarakat pada acara coffe morning, memperingati satu tahun kepemimpinan Abdul Haris-Wan Zuhendra. (Foto: Fredy Silalahi)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Memmeringati satu tahun Abdul Haris-Wan Zuhendra memimpin Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas, digelar coffee morning di halaman Kantor Bupati Anambas dengan elemen masyarakat, pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), dan instansi vertikal, Jumat (17/2/2017).

Dalam coffee morning tersebut, masyarakat diberikan kesempatan untuk memberikan masukan dan harapan semasa kepemimpinan Haris-Wan. Salah satu dari tokoh masyarakat, Herdi Usman, mengatakan, kondisi nyata saat ini hubungan masyarakat dengan masyarakat masih renggang, dan banyak program yang belum kelihatan manfaatnya.

"Pemimpin harus bisa merangkul seluruh masyarakat. Ini menjadi masukan yang pertama, karena hubungan yang harmonis dengan masyarakat, salah satu keberhasilan membangun Anambas Sejahtera. Kami berharap, kekurangan ini bisa diperbaiki," harap Herdi.

Herdi menuturkan, visi-misi Bupati-Wakil Bupati yaitu mempermudah telekomunikasi, moda transportasi, pendidikan, dan kesehatan. Menurutnya, visi-misi tersebut belum menyentuh masyarakat.

"Faktanya saat ini, pelayanan kesehatan belum memadai. Pendidikan belum maksimal, karena masih kekurangan guru dan fasilitas pendukung pendidikan. Akses telekomunikasi, sementara jaringan kita susah untuk nelvon,dan moda transportasi juga masih kesulitan. Ini yang perlu dibenahi," tegasnya.

Sementara itu, salah satu warga Tarempa, Kecamatan Siantan‎ yang lain, juga mengeluhkan kehadiran tol laut yang belum mampu mengurangi disparitas harga, dan penggunaan arus listrik yang tidak sesuai dengan tingginya harga pembayaran.

Saat ini keberadaan tol laut belum bermanfaat bagi masyarakat, karena harga kebutuhan pokok masih tinggi. PLN juga demikian, harga tinggi tidak sesuai dengan ‎pemakaian. Kami masyarakat berharap, pemerintah bisa menyeimbangkan perekonomian dengan kebutuhan masyarakat.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, Wan Zuhendra menyampaikan, pihaknya saat ini sedang berupaya menjalankan visi-misi tersebut agar bermanfaat langsung dengan masyarakat luas.

"Seperti pendidikan, kami akan menambah tenaga pendidik‎. Untuk penambahan alkes dan dokter spesialis masih dalam proses. Namun mengenai tol laut, memang masih sebagai keluhan masyarakat, ini diakibatkan tingginya biaya angkut. Sementara PLN ini merupakan masalah skala nasional. Tapi kami akan berupaya untuk empat tahun kedepan berupaya untuk Anambas Sejahtera," paparnya.

Editor: Dardani