Destinasi Wisata Anambas

Nikmati Keindahan Panorama Laut Pulau Selat Ansang
Oleh : Fredy Silalahi
Rabu | 08-02-2017 | 12:02 WIB
ansang01.gif

Pulau Selat Ransang atau biasa disebut Selat Ansang berada di Kecamatan Siantan Timur, Anambas. (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Potensi wisata di Kepulauan Anambas memang sangat menakjubkan, karena kaya akan keindahan alam. Pulau Selat Ransang atau biasa disebut Selat Ansang berada di Kecamatan Siantan Timur.

Pulau ini merupakan salah satu destinasi wisata Anambas. Jarak tempuh dari Tarempa, Kecamatan Siantan menuju Selat Ansang hanya berkisar 60 menit menggunakan speedboat, atau 120 menit menggunakan kapal pompong.

"Lebih seru dan lebih menikmati alam, mending menggunakan kapal pompong saja. Tapi kalau mau cepat, menggunakan speedboat,"ujar Alfian, salah satu warga Tarempa yang sering mengunjungi Selat Ansang tersebut, Rabu (8/2/2017).

Elfian menceritakan, keindahan alam di Pulau Selat Ansang memang sangat memukau. Pasalnya, daerah tersebut tidak hanya memiliki pasir putih, namun keindahan bawah laut juga dapat terlihat tanpa berenang.

"Belum berenang aja, terumbu karang bawah laut sudah kelihatan. Selain itu keindahan Selat Ansang juga dikelilingi pulau-pulau kecil. Sebelumnya, tempat ini sering dijadikan tempat berkemah. Namun sekarang, sudah berbeda karena pulau itu sudah dikelola untuk membangun resort," jelasnya.

Ia mengakui, sejak dibangunnya resort di pulau tersebut, masyarakat semakin ramai berkunjung, namun tidak menginap.

"Tahun 2016 lalu, Pulau Selat Ansang itu sudah mulai dibangun resort. Selama pulau itu kosong, banyak masyarakat yang berkemah sambil menikmati keindahan alam disana. Bedanya sekarang, sejak resort itu dibangun masyarakat jarang menginap disana," jelasnya.‎

Editor: Gokli