Abdul Harris Minta Aparatur Desa di Anambas Bentuk BUMDes
Oleh : Alfredy Silalahi
Selasa | 31-01-2017 | 12:14 WIB
Bupati-Anambas-Abdul-haris.jpg

Bupati Anambas, Abdul Harris. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, Abdul Haris meminta desa untuk membentuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Menurutnya, hal tersebut menjadi salah satu modal untuk membentuk desa yang mandiri dan meningkatkan pendapatan desa.

"Puluhan desa belum memiliki BUMDes, ini sangat disayangkan. Karena banyak desa yang mempunyai potensi, dengan salah satu contoh potensi pariwisata. Sangat rugi, bila itu tidak dimanfaatkan. Sementara, potensi alam sudah menjanjikan, sinyal masyarakat juga ada, tetapi tidak ada gerakan. Marilah kita sama-sama memajukan daerah ini," ujar Abdul Haris, Selasa (31/1/2017).

Dia menerangkan, beberapa program pemerintah pusat, pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten mempunyai program di desa-desa melalui BUMDes. Menurutnya, akibat desa belum memiliki BUMDes menjadi penghalang untuk merealisasikan program tersebut.

"Banyak program pemerintah untuk membangun desa. Tetapi kita lihat, beberapa desa belum siap menerima program itu, karena belum memiliki BUMDes. Padahal ini sangat diperlukan disetiap desa. Maka dari itu, segeralah bentuk BUMDes. Karena itu sangat penting untuk memajukan, meningkatkan pendapatan desa, serta meningkatkan perekonomian masyarakat desa," jelasnya.

Dia menyinggung, BUMDes juga dapat menggali kreatifitas masyarakat desa. Menurutnya banyak masyarakat mempunyai bakat, namun tidak tersalurkan.

"BUMDes ini juga bisa digunakan untuk menyalurkan bakat, menambah kekompakan masyarakat. Namun administrasinya harus transparan, supaya tidak ada kecurigaan satu sama lain," ungkapnya.

Editor: Yudha