Pemkab Anambas Hanya Sediakan Rp500 Juta untuk Pemeliharaan Jalan di Seluruh Kabupaten
Oleh : Fredy Silalahi
Kamis | 26-01-2017 | 18:02 WIB
jalan-rusak-parah.jpg

Ilustrasi jalan rusak (Sumber fotoA: batampos.co.id)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas hanya menyediakan Rp500 juta untuk biaya pemeliharaan jalan di seluruh Kabupaten Anambas. 

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman Kabupaten Kepulauan Anambas, Effy Sjuhairi, mengakui anggaran Rp500 juta yang disediakan tersebut, kurang ideal untuk perawatan jalan‎ di seluruh Kabupaten Anambas.

"‎Anggaran Rp500 juta itu masih belum cukup untuk pemeliharaan jalan di seluruh kabupaten ini. Karena saat ini sudah banyak jalan yang rusak berat," kata Effy, Kamis (26/1/2017).

Dia menambahkan, pihaknya telah ‎membentuk tim untuk meninjau atau mendata kondisi jalan di tujuh kecamatan. Menurutnya, dengan anggaran yang minim tersebut, akan lebih memprioritaskan perbaikan jalan yang kondisi rusak berat.

"Lebih kurang satu minggu ini kami akan melakukan pendataan kondisi jalan. Kami akan lebih memprioritaskan jalan yang kondisinya rusak berat. Mudah-mudahan jalan yang rusak ringan bisa bisa dianggarkan pada APBD Perubahan nanti," jelasnya.

‎Sementara, Camat Siantan Tengah, Herry Fakhrizal, mengapresiasi langkah yang dilakukan DPU tersebut. Namun dia menyinggung, bahwa jalan yang berada di Kecamatan Siantan Tengah, butuh perhatian dari Pemerintah Kabupaten.

"Banyak warga yang mengeluhkan kondisi jalan yang berada di Siantan Tengah. Kami dari kecamatan sudah berulangkali meminta Pemkab untuk memperbaikinya. Tetapi hingga saat ini belum ada realisasinya. Mudah-mudahan, melalui pendataan ini, jalan yang berada di Siantan Tengah mendapat perhatian dari Pemkab Anambas," harapnya.

Editor: Udin