Tahun 2017, Telkomsel Bangun Lima Tower di Anambas
Oleh : Alfred Silalahi
Kamis | 29-12-2016 | 10:50 WIB
Wabup-Anambas,-Wan-Zuhendra.gif

‎Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, Wan Zuhendra. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Anambas - ‎Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, Wan Zuhendra, optimis pembangunan lima tower milik Telkomsel akan dimulai pada tahun 2017 mendatang.

Hal tersebut dipastikan setelah bertemu langsung dengan pihak provider Telkomsel di Jakarta, Rabu (21/23/2016) minggu lalu.

‎"Kami meminta tidak menghitung profit, namun konteksnya membantu daerah terluar. Mereka (provider) mengapresiasi positif untuk merealisasikan itu. Selama ini juga mereka sudah bantu beberapa titik kerjasama dengan Kemenkominfo," terang Wan Zuhendra, Kamis (29/12/2016).

"Terkait dengan tower yang rusak, prinsipnya mereka akan berupaya memperbaikinya," tambahnya.

‎Wan mengakui, rentang kendali dan cuaca merupakan kendala teknisi untuk melakukan perbaikan tower yang rusak. Ia juga menyampaikan, agar pihak provider mengoptimalkan jaringan telekomunikasi di Anambas.

"Rentang kendali dan cuaca menjadi kendala utama para teknisi untuk melakukan perbaikan ke Anambas, sehingga mereka juga enggan datang ke Anambas. Tetapi itu dulu, sekarang kita coba berkomunikasi baik ‎dengan mereka. Alhamdulillah, mereka ingin membangun 5 site (tower) di Anambas," terangnya.

‎Sementara Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kominfo dan Informatika Anambas melalui Kepala Bidang Komunikasi dan Informasi, Richart, mengatakan, terdapat lima tower yang direncanakan akan dibangun pada tahun 2017 mendatang.

Kelima titik tersebut meliputi, Desa Putik Kecamatan Palmatak, Rintis dan Pasir Peti di Kecamatan Siantan, Desa Nyamuk Kecamatan Siantan Timur serta Desa Kuala Maras Kecamatan Jemaja Timur.

"Berdasarkan hasil pertemuan yang disampaikan pimpinan kepada kami ‎seperti itu. Mereka (pihak provider) pun menyetujui hal tersebut. Yang pasti ada pernyataan resmi dari provider mengenai hal itu," ‎ucap Richart.

Selain dari provider, sambungnya, terdapat program dari Kementerian untuk pembangunan satu tower yang direncanakan akan dibangun di Desa Batu Berapit Kecamatan Jemaja. Dengan optimalisasi layanan telekomunikasi ini, pihaknya berharap akses telekomunikasi dapat terbuka sehinggan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.

"‎Harapan kami optimalisasi pada bidang telekomunikasi ini yang menjadi visi misi Bupati dan Wakil Bupati Anambas kedepan," katanya.

Sebelumnya, Pelaksana Tugas (Plt) Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Kepulauan Anambas,Jeprizal mengatakan,pihaknya tidak memiliki anggaran untuk memperbaiki tower yang berada di Nyamuk. Namun,pihaknya sudah berkomunikasi dengan operator Telkomsel untuk ‎membangun 5 site (tower) di Anambas.

"Tidak hanya terkendala pada anggaran,tetapi daerah tidak berwenang lagi membangun tower karena sudah diambil alih oleh Kemen Kominfo. Tetapi kami bekerjasama dengan Telkomsel untuk membangun, 5 tower di Anambas,salah satunya di Nyamuk. 5 tower ini merupakan Corporate Social Responsibility (CSR) dari Telkomsel,dan beberapa tim Telkomsel sudah mengkaji daerah-daerah yang akan dibangun tower. Tahun 2017 pembangunan akan dimulai,"akunya.

Dia mengakui,saat ini berkisar 16 desa di Anambas yang belum terakses telekomunikasi. Menurutnya,salah satu kendala operator enggan membangun tower dikarenakan provitnya tidak sesuai dengan jumlah penduduk.

"Syarat pertama yang dilihat operator yaitu provit,kalau provit menguntungkan operator,baru bisa dibangun,dan minimal jumlah penduduk 300 KK,"terangnya.

Adapun 5 site yang akan dibangun,lanjut Jepri,yakni Kantor Bupati,Kuala Maras Jemaja Timur, Rintis Tarempa Selatan,Nyamuk Siantan Selatan,Putik Kecamatan Palmatak dengan tinggi tower masing-masing 7,2 meter.

"Setiap site yang akan dibangun akan menaungi 3 desa,kecuali Kantor Bupati. Nanti yang di Kantor Bupati,akan dipindahkan ke Batu Tambun. Tetapi semua itu akan terjawab pada tahun 2017 mendatang. Saat ini kami ingin berkunjung ke Pekanbaru dan Jakarta, untuk menemui Operator Telkomsel,guna menindaklanjuti kerjasama ini," pungkasnya.‎

Editor: Yudha