Pembangunan Palapa Ring di Anambas Diprioritaskan, Kelar 2017 Mendatang
Oleh : Fredy Silalahi
Jum'at | 16-09-2016 | 13:26 WIB
palapa-ring-edit.gif

Ilustrasi pembangunan Palapa Ring di Anambas (Sumber foto: batampos.co.id)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Pemerintah Pusat memprioritaskan pembangunan Palapa Ring Bagian Barat di Kabupaten Kepulauan Anambas dan Kabupaten Natuna, dan ditargetkan kelar 2017 mendatang.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo),Ody Karyadi mengatakan, target pembangunan Palapa Ring Bagian Barat, yang meliputi ‎Singkawang (Kalimantan Barat), Kabupaten Natuna, Kabupaten Kepulauan Anambas, Kabupaten Lingga dan Meranti (Provinsi Riau), pada 2019 akan terealisasi.

Namun, pemerintah pusat melalui Kemenkominfo kembali menggesa pembangunan Palapa Ring, khusus Kabupaten Kepulauan Anambas dan Natuna akan terealisasi tahun 2017 mendatang.

"Rencananya Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, pada November mendatang akan melakukan pelepasan kabel. Setelah itu, pemenang tender akan menggesa pembangunan di Anambas dan Natuna, agar 2017 terealisasi semua sehingga Anambas dan Natuna cepat terakses," terangnya, Jumat (16/9/2016).

Ody menambahkan, pihak pemenang tender pembangun Palapa Ring Bagian Barat tengah membangun Beach Manhole (BMH), NOC (Landing Station), penggalian jalur kabel di wiliyah yang telah mendapat izin penggunaan lahan.

"Kita dulu yang diprioritaskan, nantinya Lingga, Singkawang, Meranti menyusul setelah Anambas dan Natuna selesai. Pihak pemenang tender sudah mulai membangun BMH dan NOC di Jalan Tanjung Momong, Tarempa, Kecamatan Siantan," tegasnya.

Sebelumnya, Direktur Utama PT Palapa Ring Barat, Syarif Lumintardjo telah memaparkan "Desain Sistem Palapa Ring" kepada Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas.

Editor: Udin