Pembangunan BTS di Anambas Jadi Prioritas Pemerintah Pusat
Oleh : Fredy Silalahi
Kamis | 15-09-2016 | 16:26 WIB
tower.jpg

Ilustrasi tower. (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Kabupaten Kepulauan Anambas masuk daftar perhatian Pemerintah Pusat. Pasalnya beberapa program tengah digesa dan Anambas menjadi Prioritas Nawacita Presiden Joko Widodo.

 

Tidak terpungkiri, Anambas merupakan pulau terluar dan terdepan Bagian Barat Wilayah Indonesia. Beberapa akses pun masih terbatas dan sulit dirasakan oleh masyarakat. Namun, kali ini patut diapresiasi, Pemerintah Pusat melalui Kemenkominfo akan membangun tower (Base Transceiver Station) untuk kelancaran komunikasi di Anambas.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Kepulauan Anambas, Ody Karyadi mengatakan, pihak Telkomsel sudah melakukan survey kebeberapa desa,dan saat ini akan digesa untuk seluruh desa di Kabupaten Kepulauan Anambas.

Ody mengakui, Telkomsel telah bekerjasama dengan Kementrian Kominfo untuk menjalankan program Presiden Joko Widodo.

"Kemarin (Rabu 14/09), Telkomsel datang meminta blank spot area (daerah yang belum terakses) untuk menyurvei titik-titik yang layak dibangun BTS. Sesuai arahan Pak Jokowi, Anambas dan Natuna diprioritaskan agar semua bisa terakses. Semua tower dari Pemda akan diambilalih oleh Telkomsel, untuk diupgrade lagi, agar kapasitasnya semakin maksimal‎," ujar Ody Karyadi, Kamis (15/09/2016).

Ody menambahkan, titik dibangunnya satu unit BTS tergantung hasil survey, dengan kuota pengguna berkisar 300 Kepala Keluarga (KK).‎ Pihaknya juga telah mendorong Telkomsel, agar 52 desa yang ada di Anambas dibangun BTS.

"Kita sudah dorong Telkomsel untuk membangun BTS di seluruh desa di Anambas ini, tetapi syaratnya penduduk di desa itu harus ada 300 KK. Untuk kapasitas akan ditingkatkan secara menyeluruh 3G," terangnya.

Ody menjelaskan, Anambas tidak hanya mendapat pembangunan BTS, Kemenkominfo juga menyalurkan paket internet untuk sekolah yang berada di Kabupaten Kepulauan Anambas.

"Kita juga dapat bantuan 19 titik paket internet untuk sekolah,saat ini Kemenkominfo lagi mengerjakan itu. ‎Ini harus kita apresiasi, karena wilayah Kepri ini, hanya Anambas yang dapat program itu. Nanti kalau semua sudah kelar, kita akan teleconference dengan guru-guru. Kami juga sudah beroordinasi dengan Dinas Pendidikan dan Pihak Kecamatan, agar pembangunan paket internet itu difasilitasi," tegasnya.

Editor: Dardani