ConocoPhillips Serah Terimakan 70 Unit PJUTS di Anambas
Oleh : Roni Ginting
Rabu | 31-08-2016 | 16:35 WIB
conoco-1.jpg

Penyerahan secara simbolik 70 unit penerangan jalan umum tenaga surya (PJUTS) oleh Vice President Development & Relations CPIIL, Joang Laksanto, yang disaksikan Bupati Anambas Abdul Haris.

BATAMTODAY.COM, Anambas - ConocoPhillips Indonesia Inc. Ltd (CPIIL) bersama mitra kerjanya (kontraktor Blok B) menyerahkan 70 unit penerangan jalan umum tenaga surya (PJUTS) untuk kurang lebih 20 desa di Kabupaten Kepulauan Anambas.

Penyerahan 70 unit PJUTS ini merupakan bagian dari kontribusi ConocoPhillips dalam membantu percepatan pembangunan infrastruktur di wilayah operasi Kontrak Kerja Sama (KKS) South Natuna Sea Blok B.

Serah terima PJUTS secara simbolis disaksikan oleh Bupati Kepulauan Anambas, Abdul Haris, dan CPIIL Vice President Development & Relations, Joang Laksanto, Rabu (31/8/2016).

Kontraktor Blok B memberikan kontribusi 70 unit PJUTS yang tersebar di beberapa desa di Kecamatan Palmatak, Siantan, Siantan Timur dan Jemaja untuk membantu masyarakat setempat menyediakan fasilitas umum dalam penyediaan listrik sebagai kebutuhan primer mereka, setelah makanan pokok dan bahan bakar.

Kontribusi ini diharapkan dapat menambah tingkat keselamatan dan keamanan masyarakat, khususnya bagi pengguna pelabuhan desa dan jalan di wilayah tersebut. Karena di kabupaten tersebut mengalami kekurangan listrik, sebagai salah satu daerah terluar negara.

Dalam pembangunannya, CPIIL, mewakili para kontraktor Blok B, telah bekerjasama dengan pemerintah daerah, masyarakat dan lembaga nirlaba yang membantu pengembangan proyek energi terbarukan, Yayasan Bina Usaha Lingkungan (YBUL).

Pengembangan program PJUTS ini dilakukan mulai awal tahun ini yang memerlukan teknologi dan sumber daya terbarukan karena menggunakan tenaga surya. Teknologi ini dipilih karena memiliki beberapa keuntungan, seperti; keramahan lingkungannya, aksesibilitas, kemudahan pemasangan dan pemeliharaan yang sederhana yang mana akan menjadi tanggung jawab para penerima manfaat.

Sebagai korporasi yang bertanggung jawab, kata Vice President CPIIL Joang Laksanto, melakukan program tanggung jawab sosial (TJS) merupakan komitmen kontraktor Blok B untuk membantu masyarakat di sekitar wilayah operasi kami, khususnya wilayah operasi di Propinsi Kepulauan Riau (Kepri).

"Bantuan PJUTS ini semoga dapat membantu masyarakat setempat melakukan aktifitas sehari-hari dengan aman. Kami berharap para penerima manfaat, dengan kolaborasi bersama pemerintah daerah, akan dapat memelihara kontribusi ini dalam jangka waktu yang panjang juga," ungkap Joang Laksanto.

Sejak program dilakukan pada awal tahun ini, masyarakat setempat yang tinggal di Kecamatan Palmatak dan Siantan Timur telah menikmati manfaat dari 50 unit PJUTS, yang sudah dipasang pada fase I. Sedangkan 20 unit lainnya akan dipasang menyusul. Saat ini, jalan-jalan desa, masjid dan pelabuhan-pelabuhan menjadi lebih terang di malam hari setelah pemasangan bantuan PJUTS ini.

Hal ini juga memudahkan para pengguna fasilitas umum. Lebih lagi, seiring dengan berkembangnya populasi, kontribusi ini diharapkan akan memberi manfaat kepada lebih banyak orang yang tinggal di Kabupaten Kepulauan Anambas.

Editor: Udin