Warga Hanya Miliki Akses Laut

Infrastruktur Jalan di Kecamatan Siantan Timur Mendesak
Oleh : Fredy Silalahi
Senin | 29-08-2016 | 16:28 WIB
kepada-desa1.jpg

Kepala Desa Air Putih, Azam Basir. (Foto: Fredy Silalahi)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Sejumlah desa di Kecamatan Siatan Timur, seperti Desa Air Putih, Desa Nyamuk, dan Desa Sengat, yang belum memiliki akses penghubung melalui darat, mendesak untuk diperhatikan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas.

Kepala Desa Air Putih, Azam Basir, mengatakan, 3 desa tersebut butuh jalan lingkar untuk penghubung antar desa. Pasalnya, dari Desa Air Putih menuju Desa Nyamuk harus menggunakan pompong, dan memakan waktu satu jam.

Azam mengatakan, pihaknya sudah sejak tahun 2013 lalu mengusulkan pembangunan jalan lingkar sebagai penghubung 3 desa tersebut. Namun belum terealisasi hingga saat ini. Mirisnya, Pemkab Anambas terkesan pilih bulu, sebab jalan di Kecamatan Siantan, Palmatak dan Jemaja selalu lancar.

Padahal, pembangunan jalan lingkar yang diusulkan selalu masuk dalam daftar, tetapi tidak menjadi prioritas sehingga tak terealisasi.

"Sejak Anambas mekar dari Natuna, desa kami seperti dianak tirikan. Perhatian pemerintah sangat jauh. Padahal, ketika diusulkan kepada bupati, beliau (Abdul Haris) menyetujuinya. Tetapi sampai sekarang tidak ada tindakan. Selama ini, untuk menjangkau desa lain kami harus menggunakan pompong karena jalan darat tidak ada," keluhnya, Senin(29/08/2016).

Bupati Anambas, lanjut Azam, menginginkan pembangunan jalan lingkar di Kecamatan Siantan Timur tersebut‎ tidak merusak hutan, sumber air dan mengganggu lahan masyarakat. Namun pihaknya mengharapkan, Pemkab Anambas segara mengulurkan tangan membangun sesuai kebutuhan masyarakat.

"Pak Bupati menyebutkan, pembangunan jalan lingkar di Pulau Bajau (Kecamatan Siantan Timur) tidak merusak hutan. Konsekuensinya memang seperti itu, kalau membangun jalan lingkar darat kurang lebih 20 kilometer‎ untuk akses penghubung desa yang berada di Pulau Bajau," terangnya.

‎Sementara itu, anggota DPRD Kabupaten Kepulauan Anambas Dapil Siantan Timur, Muhammad Dai mengatakan, bahwa pembangunan jalan lingkar sangat penting. Pasalnya jalan lingkar merupakan akses penghubung antar desa di Kecamatan Siantan Timur tersebut.

"Akses jalan memang sangat penting, kami akan berupaya agar kebutuhan masyarakat itu bisa terealisasi secepat mungkin. Sehingga komunikasi dan silaturahmi antar warga desa tidak renggang," jelasnya.‎

Editor: Udin