Islamic Fair Anambas Meriah
Oleh : Fredy Silalahi
Minggu | 03-07-2016 | 17:28 WIB
kartunadzan.jpg

Ilustrasi lomba azan. (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Islamic Fair yang digelar oleh para guru muda Sarjana Mendidik Terdepan, Terluar, dan Tertinggal (SM3T) Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Angkatan V yang bertugas di Anambas berlangsung meriah.

 

Islamic Fair itu digelar di Massjid Nurul Huda Desa Telaga Besar, Kecamatan Siantan Selatan, Kabupaten Kepulauan Anambas, Selasa (28/6/2016).

Mengusung tema “Muslim Sejati, Muslim Berprestasi”, kegiatan tersebut diisi dengan berbagai perlombaan bernuansa keislaman dalam rangka mengisi bulan suci Ramadhan.

Berbagai perlombaan tersebut ialah lomba busana muslim, hafalan Al-Quran, ceramah, adzan, cerdas cermat SD, dan cerdas cermat SMP. Perlombaan-perlombaan tersebut diikuti oleh anak-anak di wilayah Pulau Telaga Besar dan Telaga Kecil yang masih duduk di bangku PAUD hingga SMP.

Ketua Pelaksana SM3T Islamic Fair, Mohamad Rian, dalam sambutannya menyatakan bahwa kegiatan tersebut diharapkan menjadi pelecut bagi para generasi muslim agar senantiasa memacu diri mengejar prestasi. “Saya berharap dengan kegiatan ini kelak generasi muslim yang ada di Telaga bisa selalu menjadi generasi muslim yang berprestasi”, ujar Rian.

Sementara itu Koordinator SM3T UPI di KKA, Ilham Halim Imaduddin, dalam sambutannya berpesan kepada para peserta agar selalu giat belajar untuk mempersiapkan diri sebagai generasi penerus bangsa di masa depan. “Nanti kalian lah yang akan menjadi pengganti kami sebagai generasi penerus bangsa di masa depan, maka dari itu sudah seharusnya kalian mempersiapkan diri dengan rajin belajar sejak saat ini”, tandas Ilham.

Kegiatan yang berlangsung dari pagi hingga sore hari tersebut berlangsung dengan cukup meriah. Aparat pemerintah desa, kalangan pendidikan, tokoh ulama, tokoh masyarakat, dan masyarakat umum yang ada di Pulau Telaga Besar turut hadir untuk mendukung anak-anak yang saling bersaing untuk menjadi yang terbaik. Dari 6 kategori perlombaan yang dipertandingkan menghasilkan 18 pemenang yang masing-masing membawa pulang hadiah menarik serta piagam yang telah disediakan.
Program Kegiatan Terakhir

Para guru muda SM3T tersebut tiba di Pulau Telaga Besar pada Senin sore (27/6/2016) menggunakan pompong tujuan Tarempa-Telaga-Kuala Maras. Mereka harus bersusah payah untuk bisa sampai di Telaga Besar mengingat perjalanan laut yang ditempuh cukup berat akibat angin kencang dan kuatnya arus gelombang.

Kegiatan SM3T Islamic Fair itu sendiri merupakan program kegiatan terakhir yang dilaksanakan oleh guru muda SM3T UPI Angkatan V di KKA. Di awal Agustus nanti, mereka akan purna tugas dan kembali pulang ke daerah asalnya masing-masing untuk selanjutnya bersiap mengikuti Pendidikan Profesi Guru (PPG) selama satu tahun.

Kepala Desa Telaga Besar, Asy’ari AB, yang turut memberikan sambutan sekaligus membuka acara menyatakan bahwa Ia sangat tersanjung dengan kedatangan rombongan guru SM3T ke Desa Telaga Besar. “Saya sangat tersanjung karena bapak-bapak dan ibu-ibu guru SM3T telah sudi bersusah payah datang ke Desa Telaga Besar. Apalagi ternyata ini merupakan kegiatan terakhir SM3T (angkatan V) di Anambas. Mudah-mudahan kegiatan seperti ini bisa diadakan lagi di waktu-waktu selanjutnya”, ujarnya.

Kehadiran guru muda SM3T yang secara rutin sudah hadir di KKA sejak tahun 2012 ini memang dirasakan sangat membantu usaha pemerintah dalam memberikan layanan pendidikan kepada anak-anak yang ada di KKA. Untuk itu, kehadiran guru muda SM3T Angkatan VI tentu sangat diharapkan dapat kembali mewarnai dunia pendidikan di KKA selama kurun waktu satu tahun ke depan. Menurut rencana, guru muda SM3T angkatan VI yang saat ini masih dalam proses seleksi akan diberangkatkan ke tempat tugas pada awal september nanti.

 

Editor: Dardani