Untuk Pertama Kalinya Anambas Mendapat Opini WTP
Oleh : Fredy Silalahi
Sabtu | 11-06-2016 | 10:38 WIB
wtp.jpg

Ilustrasi (Sumber foto: Tribunnews.com)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas mendapat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) oleh Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) Perwakilan Provinsi Kepulauan Riau dalam pemeriksaan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah‎ berbasis Aktual tahun anggaran 2015.

Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, Abdul Haris, mengatakan awal dimekarkan 2009 lalu Anambas mendapat penilaian disclaimer atau tanpa opini dan beturut-turut mendapat Wajar Dengan Pengecualian (WDP).

Haris mengakui, ini pertama kalinya Anambas mendapat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP)‎. Pihaknya akan berusaha, mempertahankan WTP tersebut.

"Kepastian WTP didapat pada Kamis (09/06/2016) kemarin. Alhamdulillah WTP ini yang perdana kita dapatkan setelah Anambas ‎dimekarkan. Ini juga tidak terlepas atas kinerja setiap SKPD yang membuat laporan atau aset. Intinya kita harus kerja sama dan kerja keras untuk mempertahankan WTP ini," ujarnya Jumat (10/06/2016).

Haris menerangkan, hal tersebut juga tidak terlepas dari arahan BPK yang memberikan arahan sesuai dengan Standart Akutansi Pemerintahan (SAP).

Haris berpesan ‎agar setiap SKPD patuh terhadap Undang-undang, tertib administrasi dan transparan dalam anggaran. Pihaknya juga berharap, semua jajaran harus dapat menjaga dan mengelola uang daerah. Bila itu diterapkan tentu tidak akan ada korupsi.

"Kepatuhan terhadap Undang-undang penganggaran menjadi point utama dan didukung oleh tertib administrasi serta transparan dalam menggunakan uang daerah, tentu kita bisa pertahankan WTP. Intinya kita kerja saling bahu membahu, menjaga aset, menjaga administrasi. Tentu kita akan jauh dari indikasi korupsi," tegasnya.‎
    
Editor: Udin