Tiga Rumah Sakit di Anambas Diusulkan Jadi RSUD
Oleh : Alfredi Silalahi
Selasa | 17-05-2016 | 16:58 WIB
Rumah-Sakit-ilustrasi.jpg

Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Tarempa - Untuk meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat, Dinas Kesehatan mengajukan usulan kepada Menteri Kesehatan Republik Indonesia dalam penetapan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) di Kabupaten Kepulauan Anambas.

Pelaksana Tugas (Plt) ‎Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Anambas, Zuhkrin, mengatakan pihaknya telah mempersiapkan persyaratan usulan tiga rumah sakit itu. "Saat ini kita masih mempersiapkan persyaratan kelengkapan syarat untuk ketiga rumah sakit, yakni Rumah Sakit Bergerak Jemaja, Rumah Sakit Lapangan Palmatak, dan Rumah Sakit Tarempa. Rumah sakit manapun nantinya yang ditetapkan,itu tergantung kementerian," katanya Selasa (17/05/2016).

Zuhkrin yang baru beberapa hari menjabat sebagai Plt Kadinkes itu juga mengupayakan Puskesmas di setiap kecamatan menjadi Badan Layanan Umum Daerah(BLUD). Upaya untuk meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat yang membutu‎hkan, diakuinya telah digesa. Pihaknya juga menargetkan pelayanan kesehatan dapat dilakukan di rumah sakit yang ada di daerah.

"Kita ingin menjadikan pelayanan kesehatan maksimal buat masyarakat. Dan banyak juga keluhan masyarakat,dimana orang yang sakit parah harus dirujuk, sementara transportasi kita tidak menentu yang akan memberatkan masyarakat, beban semacam ini akan kita upayakan, agar masyarakat dapat merasakan pelayanan kesehatan secara maksima‎l di Anambas ini," terangnya.

Pria yang juga menjabat sebagai Kepala Badan Lingkungan Hidup(BLH) Kabupaten Kepulauan Anambas itu menegaskan, pelayanan kesehatan bagi masyarakat harus dimaksimalkan sesuai dengan kebijakan jangka menengah dan panjang kepala daerah. Pihaknya mengakui harus bekerja keras untuk menyelesaikan persoalan kesehatan bagi masyarakat.

"Untuk yang jangka pendek, seperti BBM untuk pelayanan kesehatan serta listrik sudah aman, serta ambulance juga sudah dapat beroperasi dengan optimal dalam melayani pasien. Dan untuk meningkatkan pelayanan bagi masyarakat sesuai dengan kebijakan oleh Bupati dan Wakil Bupati," tegasnya.‎

Editor: Dodo