Musrenbang Kelar, SKPD di Anambas Wajib Susun Renstra
Oleh : Alfredi Silalahi
Rabu | 11-05-2016 | 14:58 WIB
rencana-strategis.jpg

Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Tarempa - Setelah melakukan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (Musrenbang RPJMD), Anambas Bermadah 2021, Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas akan memanggil Seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), untuk mempresentasikan penyusunan rencana strategis (renstra).

Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah Setdakab Anambas, Augus Raja Unggul, mengatakan pemanggilan tersebut dilakukan untuk menindaklanjuti penyusunan RPJMD.

"Itu adalah arahan dari Bupati dan sudah dikirimkan juga surat edaran bagi seluruh SKPD.‎ Bupati sendiri nantinya, akan memanggil SKPD untuk mempresentasikan apa yang telah disusun, sebagai penjabaran dari visi misi Bupati," katanya, Rabu (11/05/2016), dalam penutupan Musrenbang ‎RPJMD, Anambas Bermadah 2021.

‎Pemaparan renstra, lanjut Augus, akan menjadi penilaian tersendiri bagi pimpinan pada keputusan dalam menempatkan jabatan SKPD. Setiap SKPD diminta untuk mempersiapkan minimal satu program unggulan yang digarap secara lebih serius dan usulan masyarakat juga dapat diterima dalam penyusunan RPJMD.

"Usulan masyarakat itu akan menjadi perhatian bersama,‎ setelah dipertimbangkan, mungkin bisa menjadi agenda RPJMD 2016-2021. Jangan malah diabaiakan,perlu diingat, Pemerintah adalah bagian dari masyarakat, jika masyarakat maju, pemerintahan juga pasti akan maju," tegasnya.

Pria yang juga menjabat sebagai Asisten III Setdakab Anambas itu menambahkan, Bupati dan Wakil Bupati mengajak kontribusi aktif aparatur desa, termasuk masyarakat untuk menjadi pelaku utama dalam pembangunan. Dia berpesan dalam pembangunan memerlukan sikap masyarakat untuk membantu dan itu harus dimulai dari desa.

"Kita harus kerja saling bahu membahu,agar apa yang kita lakukan dapat tercapai. Untuk pembangunan desa, aparatur desa serta camat harus saling kompak, agar pembangunan itu berjalan lancar. Marilah kita hidupkan kembali semangat gotong royong kita," ujarnya.

Editor: Dodo