Kapal Printis Tabrak Karang di Perairan Natuna
Oleh : Fredy Silalahi
Senin | 14-03-2016 | 20:33 WIB
ilustrasi_gelombang.jpg

Ilustrasi

BATAMTODAY.COM, Anambas - Di saat ombak mulai ganas, masalah kembali datang menghampiri tarnsportasi laut Anambas - Natuna. Insiden kali ini adalah, Kapal Motor(KM) Sabuk Nusantara 39 menabrak karang di Sedanau, Kabupaten Natuna. Kapal tersebut melayani rute pelayaran antar Kabupaten di Provinsi Kepri.

Pelaksana Harian Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas III Tarempa, Darlis membenarkan inseden yang terjadi beberapa hari lalu. Kapal tersebut sebelumnya bertolak dari Ranai sebelum menuju Sedanau. Di Ranai, kapal tersebut juga mengalami insiden melanggar karang. Beruntung, kapal tersebut tidak mengalami gangguan dan melanjutkan perjalanan menuju Sedanau. 

"Kejadiannya dua atau tiga hari yang lalu.Sebelum tiba di Sedanau, kapal itu sempat mengalami sedikit insiden saat berada di Ranai. Informasinya baling-balingnya kena karang,namun tidak apa-apa,masih bisa berlayar, sehingga berlanjut ke Sedanau," katanya, Senin (14/3/2016).

Darlis menambahkan, kapal tersebut telah sampai di Tanjungpinang guna untuk perbaikan. Kapal tersebut sempat singgah di Tarempa dan Lettung sebelum menuju ke Kijang.

"Kapal itu telah sampai di Tanjungpinang, untuk diperbaiki serta memastikan keselamatan selama berlayar," tambahnya.

Sementara itu, Sofyan Samsir, anggota DPRD Provinsi Kepri Politisi Partai Golkar, Dapil Natuna-Anambas, merasa khawatir atas inseden tersebut. Karena mengganggu transportasi yang biasa menghubungkan antar Kabupaten di Provinsi Kepri. Pihaknya meminta agar insiden tersebut segera dituntaskan agar transportasi tidak terputus khususnya bagi Anambas-Natuna.

"Wah, lengkap sudah penderitaan masyarakat Anambas-Natuna. Kita akan cari cara agar transportasi disana tidak terputus, kita akan mengusahakannya," ujar mantan wartawan Rau Pos Pekanbaru itu lagi, Senin (14/3/2016).

Terkait dengan rencana KM Bukit Raya  yang akan naik dok mulai 28 Maret mendatang, Komisi III DPRD Provinsi Kepri akan mengkonfirmasi agar bisa menggantikan sementara peran KM Sabuk Nusantara 39.

"Kita akan meminta kapal Pelni itu agar tidak naik dok dulu,supaya transportasi Anambas - Natuna tidak terputus dan sambil menunggu kapal perintis itu selesai diperbaiki," tegasnya.

Editor: Dardani