Bandara Jemaja Anambas Ditargetkan Beroperasi Sebelum Bulan Puasa
Oleh : Fredy Silalahi
Jum'at | 26-02-2016 | 10:01 WIB
ilusrasi_bandara_jemaja_anambas.jpg
ilustrasi Bandara Jemaja di Kepulauan Anambas (foto : dok batamtoday)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Kepulauan Anambas Masykur mengatakan, pengoperasian Bandara Jemaja tidak akan mengganggu keuangan Provinsi Kepri. Bahkan ditargetkan, satu hari sebelum puasa bandara sudah bisa dioperasikan.

"Direktorat Jendral Perhubungan Udara manambahi alokasi anggaran sebesar Rp73 miliar untuk menambah runway yang sebelumnya 900 meter menjadi 1600 meter. Sedangkan sisi darat beralokasi dari anggaran Provinsi sebesar Rp11 miliar. Jadi tidak menggangu keuangan Provinsi. sebab kewajiban Kabupaten untuk sisi darat telah selesai," katanya kepada BATAMTODAY.COM, Kamis (25/02/2016)

Masykur optimis, bandara yang dibangun sejak 2013 lalu itu akan beroperasi sebelum bulan puasa 2016 ini.

"Kami menargetkan satu hari sebelum puasa, bandara bisa dioperasikan. Sekarang sedang dalam proses persiapan. Ini kan ada kaitannya dengan angkutan lebaran. Kalau tepat di bulan puasa selesai, nanti kita tidak bisa makan-makan," ujar Masykur sambil bercanda.

Masykur mengakui, maskapai penerbangan Susi Air akan melayani rute penerbangan Letung-Tanjung Pinang dan Tanjung Pinang-Letung khusus di hari Jumat, dengan kapasitas 20 penumpang.

"Untuk harga tiket sekitar Rp300 ribu. Untuk transportasi pendukungnya, kita mendapat bantuan kapal dari Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi tahun 2015. Kapasitasnya mencapai 50 orang. Saat ini kapal itu berada di Tanjung Uban. Bila angin teduh, kapal itu bergerak ke Anambas," jelasnya mengakhiri.

Editor : Udin