Jemaah Haji Anambas Tiba dalam Keadaan Sehat dan Penuh Suka Cita
Oleh : Frengky Tanjung
Selasa | 25-06-2024 | 12:04 WIB
haji-anambas1.jpg
Jemaah haji Anambas, saat tiba di Pelabuhan Sri Siantan, Tarempa, Senin (24/06/2024) sore. (Foto: Frengky Tanjung)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Sebanyak 39 orang jamaah haji asal Kabupaten Kepulauan Anambas, telah tiba di Pelabuhan Sri Siantan, Tarempa, Senin (24/06/2024) sore, dengan penuh suka cita dan sehat.

Abdul Ghafur, salah satu jemaah haji mengucapkan puji dan syukur dapat melaksanakan ibadah haji tahun ini dengan lancar.

"Alhamdulillah, semua rangkaian ibadah haji dapat kami selesaikan semua dengan lancar, dan tak ada halangan," ucap Ghafur.

Ia mengatakan, selama menjalankan ibadah haji di tanah suci, semua rombongan yang berasal dari Anambas saling membantu. "Selama berada di sana, kita semua kompak, saling membantu. Jemaah yang sudah tua kita jaga bergantian, ada jadwal piket untuk jaga jemaah sepuh," katanya.

Lanjutnya, selama menjalankan ibadah haji di tanah suci, setiap ada kendala langsung berkomunikasi dengan petugas yang disediakan dari kementerian agama. Bahkan, selama di Arafah, semuanya berjalan lancar, hanya saat wukuf saja ada sedikit gangguan.

"Alhamdulillah semua tak ada kendala, namun saat wukuf di Arafah, kita kepanasan dikarenakan ada fasilitas yang mengalami kerusakan ringan," jelasnya.

Kepulangan 39 jamaah haji asal Kabupaten Anambas disebutkan sebelumnya telah menginap selama satu malam di Batam. "Jamaah kita tiba kemarin siang di Batam dan langsung dibawa ke Asrama Haji. Semua jamaah kita inapkan dan tidak diizinkan keluar," ungkap Erizal Abdullah, Kepala Kantor Kemenag Anambas.

Setelah diinapkan satu malam di Batam, jemaah haji asal Anambas dipulangkan melalui Bandara Hang Nadim, tujuan Palmatak.

Diharapkannya, seluruh jemaah yang telah selesai melaksanakan ibadah haji, dapat menjadi haji yang mabrur. "Semoga bisa menjadi haji yang mabrur, dan senantiasa beribadah kepada Allah SWT," pungkasnya.

Editor: Gokli