Anggota HPI Anambas Ikuti Sertifikasi Kompetensi
Oleh : Frengky Tanjung
Jumat | 31-05-2024 | 19:00 WIB
Setifikasi-HPI-Anambas1.jpg
Sertifikasi anggota Himpunan Pariwisata Indonesia (HPI) Kabupaten Anambas. (Frengky/BTD)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kepulauan Anambas Effy Sjuaheri, menyambut baik diselenggarakannya sertifikasi anggota Himpunan Pariwisata Indonesia (HPI) Anambas

Diketahui, Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Pariwisata Barelang Internasional, memberikan sertifikasi kepada HPI Anambas di Hotel Tarempa Beach, Jumat (31/5/2024).

"Saya mengucapkan terimakasih atas diselenggarakannya sertifikasi ini. Tentunya kita menyambut baik, karena sertifikasi ini sangat berguna pastinya," ucap Effy.

Effy juga menyebutkan, sertifikasi yang diberikan oleh LSP Barelang itu, dapat meningkatkan SDM dan diharapkan bermanfaat bagi banyak pihak.

"Sertifikasi ini tentunya meningkatkan SDM masyarakat kita, dan harapannya bisa bermanfaat bagi banyak pihak." lanjut Effy

Sementara itu, Ryan Lianto, Direktur LSP Barelang Internasional menjelaskan, sertifikasi tersebut dilaksanakan sesuai dengan permintaan kepala dinas pariwisata dan kebudayaan (Disparbud) kepulauan Anambas.

"Sebenarnya kuota untuk saat ini adalah Tanjung Pinang dan Bintan, namun atas permintaan Dinas Pariwisata Anambas, kita lakukan di sini," jelas Ryan.

"Sertifikasi ini sebenarnya adalah yang kedua untuk Anambas, selain kita sertifikasi anggota yang baru, kita juga perpanjang sertifikat anggota yang lama, atau perpanjangan," tambah Ryan.

Di tempat yang sama, Ketua HPI Kepri, Abdi Natigor H menyebutkan, dipilihnya Anambas sebagai penyelenggara sertifikasi tour guide, kerana Anambas memiliki pariwisata yang sangat baik.

Selain itu, Anambas juga menjadi daerah yang sering dikunjungi oleh wisatawan mancanegara, sehingga diperlukan SDM yang unggul sebagai penunjangnya.

"Kita tahu Anambas adalah daerah yang memiliki sejumlah destinasi wisata yang sangat baik. Jadi kita perlu SDM yang unggul sebagai penunjang untuk pengembangan pariwisata kita di Anambas " jelas Abdi.

Editor: Yudha