Cegah Banjir, Dinas PUPR Anambas Segera Bangun Sodetan di Sungai Mugi
Oleh : Frengky Tanjung
Jumat | 15-03-2024 | 17:24 WIB
Proyek-Sodetan-Tarempa1.jpg
Rencana pembangunan Proyek Sodetan Tarempa. (Frengky Tanjung)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Sebagai upaya dalam percepatan pengendalian banjir, Dinas PUPR Kepulauan Anambas mengambil langkah pembangunan sodetan. Sebagaimana diketahui, dalam beberapa tahun terakhir, Kelurahan Tarempa kerap mengalami banjir pada saat musim hujan.

M. Hatta Pulungan, Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA) Dinas PUPR Kepulauan Anambas, menjelaskan, minimnya sarana dan prasarana saluran air serta kiriman air dari Gunung Rintis menjadi penyebab utama terjadinya banjir. Oleh karena itu, pihaknya akan membangun sodetan pada tahun 2024 ini.

"Minimnya saluran air, seperti parit serta pendangkalan dan penyempitan hilir Sungai Sugi, ditambah tingginya curah hujan serta besarnya jumlah kiriman air dari Gunung Rintis adalah faktor yang menyebabkan banjir di Kelurahan Tarempa.Hal itu terjadi dalam beberapa tahun terakhir ini, sehingga untuk mengatasinya kita akan membangun sistem saluran air berupa terowongan," terang Hatta,

"Untuk progresnya kita pastikan tahun ini akan dilaksanakan, namun sampai saat ini masih dalam tahap persiapan, untuk lelang kontraknya kemungkinan dilaksanakan pada akhir April nanti," ujarnya menambahkan.

Proyek sodetan sepanjang 360 meter dengan lebar 3 meter dan tinggi 1,5 meter, akan dibangun dari hulu Sungai Sugi, akan melintasi Jalan Imam Bonjol. Dana yang akan digelontorkan untuk pembangunan proyek tersebut akan menghabiskan dana sebesar Rp 10,2 miliar.

"Untuk proses penggaliannya akan dimulai dari sisi Jalan Pattimura (SMPN 2) Tarempa dan akan berakhir di tepi laut RSUD. Anggaran pembangunannya kita anggarkan dari APBD 2024 dengan nilai kontrak senilai Rp 10.200.000.000. Harapan kita dengan adanya sodetan ini, Tarempa bisa terbebas dari banjir," tutup Hatta.

Editor: Yudha