Sambangi BAKTI Kominfo RI

Cari Solusi Blankspot, Pemkab Anambas Usul Peningkatan Akses Telekomunikasi
Oleh : Frengky Tanjung
Rabu | 28-02-2024 | 08:20 WIB
2802_bakt-anambas_092392388.jpg
Rombongan Wakil Bupati Kepulauan Anambas bersama dengan Direktur BAKTI Kominfo RI. (Foto: Humas Pemkab Anambas)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Wakil Bupati Kepulauan Anambas Wan Zuhendra didampingi Sekda Sahtiar dan sejumlah anggota DPRD menyambangi BAKTI Kominfo RI di Jakarta. Pertemuan tersebut guna membahas langkah-langkah strategis dalam peningkatan layanan telekomunikasi untuk daerah blankspot di Kepulauan Anambas.

Dalam pertemuan tersebut Wakil Bupati Wan Zuhendra mengungkapkan rasa terima kasih kepada BAKTI KOMINFO RI atas alokasi program yang telah dilakukan untuk meningkatkan layanan sinyal 4G BTS USO dan akses internet untuk daerah Anambas, terutama untuk desa-desa terluar dan perbatasan.

Wan Zuhendra manambahkan, kebutuhan akan akses telekomunikasi berupa BTS USO (universal service obligation) dan akses internet yang diusung oleh BAKTI Kominfo RI.

Empat unit tower yang dibangun oleh Pemkab, kini telah digunakan oleh BAKTI untuk peningkatan konektivitas,serta pengalihan akses internet via satelit (VSAT) menjadi jaringan fiber optic pada 58 titik.

Beberapa desa yang akan mendapatkan layanan BTS USO antara lain, Desa Impol, Telaga, Mengkait, Sunggak, Keramut, Telaga Kecil, Liuk dan Desa Munjan, yang akan dilayani oleh perusahan XL, INDOSAT serta Telkomsel. Penambahan site keeper juga diusulkan oleh pemerintah untuk mengoptimalkan pemeliharaan infrastruktur telekomunikasi

"Saya harap, dengan dukungan dari BAKTI Kominfo RI, segala kendala dapat teratasi demi terwujudnya akses internet cepat yang merata di seluruh wilayah Kabupaten Kepulauan Anambas," ujar Wan Zuhendra, Senin (26/2/24).

Direktur BAKTI Kominfo RI Dhani Januar mengatakan, pihaknya akan melibatkan kepala dinas komunikasi dan informatika, operator selular serta pemerintah daerah dalam pelaksanaan peningkatan akses internet dan telekomunikasi.

BAKTI Kominfo akan membuka join planning dengan operator selular untuk pembahasan penambahan titik akses serta melakukan kajian pada tower yang memungkinkan menggunakan teknologi tererial dengan memperhitungkan biaya terkait.

Pemerintah kabupaten Kepulauan Anambas juga akan aktif mengikuti pertemuan rutin dalam rangka join planning bersama operator selular, seperti Telkomsel, Indosat dan XL untuk memastikan peningkatan layanan telekomunikasi dan internet," jelas Dhani Januar.

Editor: Dardani