Sempena Hari Jadi Anambas ke-15, Disdukcapil Gelar Pelayanan ke Desa dan Kecamatan
Oleh : Freddy
Jumat | 23-06-2023 | 11:08 WIB
perekaman_e_ktp_anambas.jpg
Pelayan jemput bola di 10 kecamatan yang dilakukan Disdukcapil Anambas (Foto: Freddy)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kepulauan Anambas gelar pelayanan jemput bola di 10 kecamatan. Kegiatan tersebut bersempena Hari Jadi Kabupaten Kepulauan Anambas ke-15.

Sekretaris Disdukcapil Kepulauan Anambas, Firmansyah menerangkan pelayanan jemput bola sudah terlaksana sejak 16 Juni 2023 lalu dan akan berakhir pada 24 Juni 2023.

"Pelayanan jemput bola merupakan upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan, mendekatkan pelayanan serta mempercepat pelayanan administrasi kependudukan. Pelayanan ini dilakukan dengan cara mendatangi lokasi seperti desa atau kecamatan," ucap Firmansyah, Jumat (23/6/2023).

Firmansyah mengakui, masyarakat desa atau kecamatan sangat antusias mengikuti pelayanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil. Sedikitnya pelayanan administrasi sudah mencapai sekitar 700, dengan mayoritas pelayanan diikuti oleh wajib KTP.

"Antusias warga sangat tinggi di tingkat desa maupun kecamatan, karena pelayanan jemput bola ini sifatnya untuk memudahkan masyarakat mengurus administrasi kependudukan dan pencatatan sipil," ucapnya.

Firmansyah menambahkan, pelayanan yang paling banyak selama jemput bola di desa maupun kecamatan yaitu pembuatan KTP. Karena banyak juga wajib KTP belum mengurus ke Disdukcapil.

"Wajib KTP yang kita layani persentase lebih tinggi dibanding pembuatan akte, pergantian foto, pergantian alamat," terang Firmansyah.

Firman juga menerangkan bahwa selama pelayanan ke desa maupun kecamatan tidak ada kendala. "Kami bersyukur, semua berjalan lancar dan jaringan juga tidak ada gangguan. Hanya saja untuk pencetakan KTP harus tetap dilakukan di lantor, hanya perekaman saja yang kita lakukan di lapangan," tutupnya.

Editor: Surya