Debit Air Baku di Anambas Menipis, Pendistribusian ke Pelanggan Dilakukan Bergilir
Oleh : Alfredy Silalahi
Jumat | 16-06-2023 | 18:17 WIB
debit-air-menipis1.jpg
Debit air di Embung Gunung Lintang terlihat menipis. (Alfredy/BTD)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Debit air di Embung Gunung Lintang dan Embung Gunung Samak menipis. Hal itu menyebabkan pendistribusian air kepada masyarakat di Tarempa harus bergilir.

Kepala Bidang Sumber Daya Air, Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) Kepulauan Anambas, M Hatta mengakui debit air memang menipis akibat cuaca kemarau. Namun menurutnya, debit yang ada saat ini masih cukup apabila pendistribusian air kepada masyarakat dilakukan bergilir.

"Memang debit air saat ini di embung gunung lintang dan gunung samak menipis. Tapi masih cukup kalau didistribusikan dengan berjadwal," ucap Hatta, Jumat (16/6/2023).

Sementara Kepala Bidang Cipta Karya PUPR Kepulauan Anambas, Doni merangkan bahwa urusan pelayanan air kepada masyarakat merupakan naungan UPTD SPAM Siantan. Namun UPTD Siantan masih bagian dari Bidang Cipta Karya.

"Kalau saat ini, memang bagian pendistribusian masih kategori aman. Memang sebelumnya ada kerusakan, tapi semua sudah aman. Terkait pendistribusian kepada masyarakat Tarempa, memang harus dilakukan bergiliran. Karena debit di embung sudah menipis," ucap Doni.

Editor: Yudha