Sarpras Tak Memadai, Sebagian Sekolah di Anambas Numpang ANBK
Oleh : Alfredy Silalahi
Senin | 12-06-2023 | 17:56 WIB
numpang-ANBK1.jpg
Pelaksanaan ANBK tingkat SD di Kabupaten Kepulauan Anambas. (Alfredy/BTD)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Seluruh sekolah di Kabupaten Kepulauan Anambas, baik tingkat dasar maupun tingkat menengah pertama sudah menerapkan assesmen nasional berbasis komputer (ANBK). Tetapi masih ada yang menumpang karena sarana dan prasarananya belum memadai.

"Penerapan ANBK untuk tingkat SD dan SMP sudah semua sekolah di Anambas. Hanya saja ada yang mandiri dan ada yang menumpang," kata Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kepulauan Anambas, Tony Karnain didampingi oleh Kepala Bidang Pendidikan Dasar, Iim Mulyani Putri, Senin (12/6/2023).

Tony menerangkan, untuk tingkat dasar yang berada di 10 kecamatan di Anambas sebanyak 67 sekolah namun hanya 15 sekolah yang mandiri melakukan ANBK sementara sisanya menumpang. Sedangkan tingkat menengah pertama sebanyak 19 sekolah yang mandiri dan 12 sekolah yang menumpang.

"Kendala utama belum meratanya kemandirian pelaksanaan ANBK yaitu sarpras yang minim, listrik belum memadai dan akses internet belum ada," ucap Tony.

Tony mengakui pada prinsipnya seluruh sekolah harus secara mandiri melaksanakan ANBK. Namun, pihaknya belum memiliki anggaran yang cukup untuk memenuhi sarpras di setiap sekolah.

"Kita berupaya secara bertahap, tidak bisa sekaligus karena keterbatasan anggaran," tegasnya.

Selain upaya dari Pemerintah Daerah, Pemerintah Pusat juga turut berpartisipasi dalam membantu pemenuhan sarpras.

"Biasanya Pemerintah Pusat menyeleksi penerima bantuan dengan melihat data dapodik. Seperti tahun ini, ada sekolah yang mendapatkan cromebook. Ini juga sangat membantu daerah khususnya sekolah penerima bantuan tersebut," jelasnya.

Editor: Yudha