Babinsa Koramil Tarempa Motivasi Petani di Dusun Rintis Tak Fokus pada Satu Tanaman
Oleh : Fredy Silalahi
Kamis | 23-03-2023 | 12:23 WIB
lihat-padi.jpg
Serda Alex P Simbolon memantau program ketahanan pangan di desa binaan, yang berada di Dusun Rintis, Desa Tarempa Selatan, Kamis (23/3/2023). (Ist)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Babinsa Koramil 02/Tarempa, Kodim 0318/Natuna, Serda Alex P Simbolon memantau program ketahanan pangan di desa binaan, yang berada di Dusun Rintis, Desa Tarempa Selatan. Pemantauan itu dilakukan untuk mengetahui perkembangan tanaman padi dan kendala yang dihadapi petani.

"Saya ingin mengetahui perkembangan tanaman padi yang sudah berumur kurang lebih 3 bulan. Selain itu, kegiatan ini juga merupakan salah satu upaya menjaga hubungan silaturahmi antara Babinsa dengan masyarakat guna mewujudkan kemanunggalan TNI," ucap Serda Alex P Simbolon, Kamis (23/3/2023).

Serda Alex menerangkan, dirinya meyakinkan agar masyarakat yang berprofesi petani tidak monoton menanam satu jenis tanaman saja. Pasalnya banyak potensi-potensi tanaman yang memang bisa membantu perekonomian masyarakat.

"Misalnya salah satu petani ini fokus menanam cabai saja, kemudian kita sambangi sambil bertukar pikiran, sehingga muncul ide-ide baru, dan mereka juga bersedia untuk menanamnya. Sala satunya dengan Pak Ali ini, beliau bersedia menanam padi karena selama ini beliau kurang berani untuk menanam padi di Tarempa Selatan, tetapi ternyata berkembang dan hasilnya juga lumayan baik," terang Alex.

Alex juga memotivasi petani tersebut agar tidak gampang menyerah melainkan harus tetap semangat. "Walaupun petani disini bekerja tanpa bantuan alat, saya tetap memotivasi mereka agar tetap semangat dan menjaga kesehatan," tegas Alex.

Ali petani binaan Babinsa Koramil 02/Tarempa mengakui, dirinya termotivasi dari Babinsa untuk menanam padi. Menurutnya, selama ini masyarakat yang berprofesi petani lebih sering menanam cabai, sayur dan ubi.

"Pada tahun 2022 lalu kami berbincang-bincang dengan Pak Alex, saya selalu mendapat motivasi dari beliau, sehingga akhir Desember 2022 lalu saya langsung menanam padi ini dengan luas sekitar 160 meter persegi," ucap Ali.

Ali menambahkan dirinya bersama Serda Alex akan membuka lahan sekitar 320 meter persegi lagi untuk lahan menanam padi. Pasalnya padi yang saat ini diperkirakan panen kurang lebih 1 bulan lagi.

"Padi yang kami tanam saat ini sudah mulai berbuah, saya juga sangat bersemangat melihatnya. Kalau begini, kami juga akan menambah tanaman, rencananya ada seluas 320 meter lagi untuk dibuka," ucap Ali.

Meski dikerjakan hanya dengan alat sederhana, Ali berharap Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas juga bisa memperhatikan petani di Tarempa Selatan. "Banyak alat yang kami butuhkan Pak, seperti traktor untuk membajak. Kami berharap Pemerintah bisa memperhatikan kebutuhan kami khususnya petani," jelas Ali.

Editor: Gokli