Pemkab Anambas Raih Penghargaan Universal Health Coverage
Oleh : Alfredy Silalahi
Selasa | 14-03-2023 | 19:57 WIB
0112_anambas-raih-001122.jpg
Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, Abdul Haris usai menerima piagam penghargaan UHC dari Wakil Presiden Republik Indonesia. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas raih penghargaan "Universal Health Coverage untuk Kategori Pemerintah Daerah Bupati dan Walikota" yang diberikan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, K.H. Ma'ruf Amin, di Balai Sudirman Tebet, Jakarta Selatan, Selasa (14/3/2023).

Acara yang berlangsung tersebut mengusung tema 'Universal Health Coverage sebagai wujud Komitmen Pemerintah Daerah Dalam Mendukung Program Jaminan Kesehatan Nasional Bagi Masyarakat Indonesia'.

Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, Abdul Haris mengatakan bahwa Universal Health Coverage merupakan sistem penjaminan kesehatan yang memastikan setiap warga dalam populasi memiliki akses yang adil terhadap pelayanan kesehatan promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif, bermutu dengan biaya yang terjangkau.

Selanjutnya Abdul Haris menyampaikan meski berada di Daerah Perbatasan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas sangat konsisten dalam menjaga jaminan kesehatan masyarakatnya.

"Sampai saat ini Masyarakat Kepulauan Anambas terdaftar dalam BPJS Kesehatan yang ditanggung oleh Pemerintah Daerah, begitu juga untuk BPJS Tenaga Kerja Masyarakat Kepulauan Anambas juga di tanggung oleh Pemerintah," ungkapnya.

"Hal Ini merupakan program yang secara kontinyu setiap tahunnya demi menjaga kesehatan dan keselamatan dalam berkerja, apalagi masyarakat Anambas yang didominasi oleh nelayan, tentu akan banyak resiko yang akan terjadi saat melaut dan tentunya dengan kondisi semacam ini, secara masif Pemerintah Daerah harus hadir memberikan sentuhan langsung untuk masyarakat," terangnya.

Selanjutnya Bupati juga mengungkapkan dengan kondisi seperti ini, secara masif Pemerintah Daerah harus hadir memberikan sentuhan langsung untuk masyarakat dimana sebagai daerah yang baru mekar hampir 14 tahun, tentu program-program yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah harus langsung dapat menyentuh lapisan masyarakat paling bawah.

"Harapan kita, dengan diterimanya penghargaan UHC dapat menjadi momentum untuk lebih baik lagi bagi daerah ini untuk memastikan jaminan kesehatan kepada masyarakatnya," tutupnya.

Editor: Yudha