Laksanakan Komsos, Babinsa Koramil Tarempa Beri Motivasi Penjual Barang Musiman
Oleh : Alfredy Silalahi
Kamis | 23-02-2023 | 17:42 WIB
IMG-20230223-WA0052.jpg
Babinsa Koramil 02/Tarempa, Kodim 0318/Natuna, Serda Alex P Simbolon melakukan komunikasi sosial (Komsos) di wilayah binaannya. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Babinsa Koramil 02/Tarempa, Kodim 0318/Natuna, Serda Alex P Simbolon melakukan komunikasi sosial (Komsos) di wilayah binaannya. Dengan tujuan untuk mencari ide-ide mengembangkan usaha dan mendeteksi kendala yang akan dialami.

"Hari ini saya sedang melakukan Komsos di sekitar Pasar Tradisional Tarempa, dan saya menemukan salah satu pedagang yang berjualan hanya satu produk dan itu merupakan dagangan musiman," ucap Serda Alex, Kamis (23/2/2023).

Hal itu membuat Serda Alex tertarik untuk bertukar pikiran, namun kendala yang dialami oleh pedagang itu ialah kekurangan modal.

"Di tengah pertumbuhan ekonomi yang sedang menurun, banyak masyarakat yang beralih profesi untuk mencukupi kebutuhan keluarga. Untuk itu, saya memberikan motivasi dan masukan kepada pedagang tersebut. Yaitu lebih peka mencari peluang dan mencari relasi untuk menjual produk yang lebih berkualitas dan dibutuhkan setiap hari," terangnya.

Adapun Arman, yang disambangi oleh Serda Alex termotivasi atas masukan tersebut. Menurutnya, banyak masyarakat yang buntu pikiran untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, sehingga banyak warga yang beralih profesi dan ikut-ikutan.

"Terus terang, saya sendiri beralih profesi agar kebutuhan sehari-hari terpenuhi. Saya melihat permainan lato-lato sedang musim, sehingga saya menjual lato-lato. Terlebih saya masih terkendala modal, sehingga saya berjualan di pinggir jalan (kaki lima). Tapi saya berterimakasih atas masukan Pak Alex, mudah-mudahan usaha yang disarankan beliau nanti bisa mempermudah rejeki kami," ucapnya.

Editor: Yudha