Jalur SKKL Maintenance, Akses Telekomunikasi di Jemaja Anambas Blackout Selama 8 Hari
Oleh : Fredy Silalahi
Senin | 13-02-2023 | 13:16 WIB
001122_Anambas-skkl-01.jpg
Kabupaten Kepulauan Anambas. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Akses telekomunikasi di Pulau Jemaja akan mengalami blackout sekitar 8 hari. Pasalnya jalur sistem komunikasi kabel laut (SKKL) yang terhubung dari Tarempa (Siantan) menuju Pulau Jemaja, tengah di-maintenance.

"Pada kesempatan pertama di informasikan bahwa jalur SKKL (Sistem Komunikasi Kabel Laut) milik Telkom inter island Tarempa - Jemaja akan dilakukan Maintenance Perangkat, jalur maintenance ini akan dimulai pada tanggal 12 Februari 2023 hari ini, pukul 16.00 WIB dan membutuhkan waktu sekitar 8 hari ke depan," tulis Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kabupaten Kepulauan Anambas, dalam suatu pengumuman, Senin (13/2/2023).

Sehubungan dengan pekerjaan ini, maka area Pulau Jemaja (Jemaja dan Jemaja Timur) akan mengalami blackout (hilangnya jaringan sinyal 4G pada tower operator dan layanan wifi internet) yang terhubung dengan SKKL Telkom selama 8 hari.

"Menjelang Maintenance jalur SKKL Telkom Tarempa - Jemaja selesai, backbone layanan akan dibackup melalui terestrial radio dengan kapasitas terbatas, Oleh karena itu, kualitas layanan di area Jemaja, Jemaja Timur dan sekitarnya akan menurun selama masa transisi ini," lanjutan dari pengumuman tersebut.

"Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang akan terjadi akibat pekerjaan ini. Kami berharap agar masyarakat dapat memahami dan memaklumi kondisi ini sementara untuk arah yang kebih baik," tutup pengumuman itu.

Editor: Gokli