Kunker ke Anambas, Menteri KP RI Ajak Masyarakat Semakin Peduli Kebersihan Laut
Oleh : Alfredy Silalahi
Rabu | 19-10-2022 | 16:04 WIB
Menteri-KP1.jpg
Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia, Sakti Wahyu Trenggono. (Alfredy/BTD)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia, Sakti Wahyu Trenggono hadir di Kabupaten Kepulauan Anambas dalam rangka Gerakan Nasional Bulan Cinta Laut. Gerakan tersebut diinisiasi oleh dunia, untuk membangkitkan kecintaan atau keedulian terhadap kebersihan laut.

"Jadi kehadiran saya disini untuk yang pertama yaitu mengikuti aksi bersih-bersih di pantai maupun di laut. Ini merupakan bukti bahwa kita memang konsen untuk mengurangi sampah di laut," ucap Sakti Wahyu Trenggono, Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Rabu (19/10/2022) di Pantai Tanjungmomong, Kecamatan Siantan, Kepulauan Anambas.

Sakti Wahyu Trenggono menguraikan, bahwa sampah laut tidak hanya berbahaya bagi kelangsungan ekosistem laut, tetapi juga untuk manusia. Untuk itu diharapkan semua elemen masyarakat semakin peduli tentang kebersihan laut.

"Sampah ini tidak hanya datang dari daratan Indonesia saja, melainkan ada sampah kiriman dari luar, sampah logistik kapal angkut (transportasi laut atau logistik). Jadi dunia sedang fokus untuk meningkatkan kepedulian masyarakat agar membuang sampah pada tempatnya," tegas Sakti Wahyu Trenggono.

Menteri Kelautan dan Perikanan itu juga menyampaikan bahwa Perpres 83 tahun 2018 tentang penanganan sampah laut. Bahkan Indonesia memiliki target, pada 2025 mendatang 70 persen sampah laut harus sudah terangkut.

"Ini tugas kita bersama. Apalagi saya dengan, ada sekitar 4,5 ton rata-rata pertahun, timbunan sampah plastik di Anambas. Ini bukan jumlah yang sedikit. Maka dari itu, fasilitas untuk kebersihan saja tidak cukup, melainkan harus ada kepedulian dari masyarakat. Apalagi Anambas saya dengar punya visi-misi tentang pariwisata, maka dari itu yang utama adalah kebersihan," tegasnya.

Editor: Yudha