Alat Berat Rusak, Sampah di TPS Siantan Anambas Menumpuk
Oleh : Alfredy Silalahi
Kamis | 08-09-2022 | 18:28 WIB
sampah-menumpuk13.jpg
Kondisi TPS Siantan, terpantau sampah menumpuk nyaris ke badan jalan. (Alfredy/BTD)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Masyarakat pengguna Jalan Genting, Air Bini-Tarempa, Siantan mengeluh akibat sampah di tempat pembuangan sementara (TPS) menumpuk. Sehingga timbul aroma-aroma yang tidak sedap serta mengganggu pemandangan. Pasalnya, TPS tersebut persis di pinggir jalan.

"Sampah di TPS sudah menumpuk, dan aromanya sangat bau. Ini tidak bisa dielak, karena hanya itu akses Tarempa, Siantan-Air Bini, Siantan Selatan," kata salah satu warga pengguna jalan tersebut, Julius, Kamis (8/9/2022).

Sementara, Edis menyampaikan bahwa dirinya melihat salah satu alat berat yang biasanya digunakan untuk memindahkan tumpukan sampah tidak beroperasi.

"Saya melihat, bahwa alat itu tidak beroperasi, sehingga tumpukan sampah sudah nyaris sampai ke badan jalan. Dan kalau hujan, aroma-aroma dari tumpukan itu sangat bau," terangnya.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Perhubungan dan Lingkungan Hidup Kepulauan Anambas, Ekodesi Amrialdi mengakui bahwa beberapa hari terakhir, alat berat yang digunakan untuk memindah sampah tidak beroperasi.

"Beberapa hari ini kan cuaca hujan terus, sehingga ada genangan air disekitar tumpukan itu yang menyulitkan alat untuk bergerak. Mungkin kalau cuaca cerah dalam dua hari ini, genangan air itu sudah surut, dan alat bisa memindahkan sampah ke belakang," jelasnya.

Ekodesi menambahkan bahwa luas TPS tersebut tidak sampai 1 hektar, sehingga sampah cepat menumpuk kalau tidak dipindahkan.

"TPS kita sempit, tak sampai 1 hektar. Kalau tidak dipindahkan, memang langsung menumpuk. Mudah-mudahan cuaca cerah selama dua hari kedepan, sehingga tumpukan itu bisa diatasi," tegasnya.

Editor: Yudha