Hari Laut Sedunia, Pemkab Anambas Ajak Seluruh Masyarakat Peduli Biota Laut
Oleh : Alfredy Silalahi
Rabu | 08-06-2022 | 18:14 WIB
abdul-harris12.jpg
Bupati Anambas, Abdul Haris. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Pemerintah Kepulauan Anambas mengajak setiap orang lebih peduli dan memahami peran utama lautan dalam kehidupan sehari-hari. Pasalnya, Perairan Anambas memiliki terumbu karang seluas 3.705,84 hektare dengan aneka ragam terumbu karang tepi, penghalang, dan cincin. Pesona bawah laut Anambas juga dipercantik dengan kekayaan spesies ikan karang yang jumlahnya mencapai 667 spesies.

"Dalam rangka Memperingati Hari Laut Sedunia yang bertema 'Revitalization: collective action for the ocean' atau 'Revitalisasi: aksi kolektif untuk laut', kami ingin mengajak seluruh elemen di Anambas menjaga dan lebih peduli dengan laut," ucap Bupati Kepulauan Anambas, Abdul Haris, Rabu (8/6/2022).

Haris menambahkan, terumbu karang merupakan rumah utama mahkluk hidup yang ada di laut. Dan ini memiliki kontribusi yang besar bagi masyarakat Kepulauan Anambas melalui nelayan.

"Maka dengan ini kami mengajak agar kita lebih peduli. Kalau kita tidak bisa memperbaiki, setidaknya kita jangan merusak," jelasnya.

Selanjutnya, terang Haris, untuk menginformasikan kepada publik tentang dampak tindakan manusia di laut, mengembangkan gerakan warga di seluruh dunia untuk laut, memobilisasi, dan menyatukan penduduk dunia dalam sebuah proyek untuk pengelolaan laut dunia yang berkelanjutan.

Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, keindahan laut Indonesia tidak ada habisnya. Kabupaten Kepulauan Anambas yang salah satunya merupakan kepulauan yang terletak di perbatasan NKRI memiliki pesona laut yang indah.

"Perekonomian Kepulauan Anambas ditunjang oleh dari hasil laut dari sebagian besar penduduk yang bermatapencarian sebagai nelayan. Salah satu upaya ekonomi yang dimulai pada tahun 1992 adalah penangkaran ikan napoleon di Desa Air Sena, Kecamatan Siantan Tengah. Maka dari itu, mari kita bersama membangun hubungan yang baik untuk menjaga kelestarian laut dan meningkatkan kesadaran tentang peran penting laut," tegas Haris.

Editor: Yudha