Alat Provider Disambar Petir, Sudah 6 Hari Akses Telekomunikasi Warga Batu Tambun Anambas Terputus
Oleh : Alfredy Sialalahi
Jum\'at | 11-03-2022 | 12:48 WIB
ilustrasi-sinyal-hilang11.jpg
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Anambas - Akses telekomunikasi di Desa Batu Tambun dan Rintis, Kecamatan Siantan mengalami gangguan sejak Minggu (6/3/2022) hingga saat ini. Sehingga komunikasi dengan masyarakat sekitar terputus.

"Sudah 6 hari sinyal (telkomsel) hilang. Tak tahu, ini sampai kapan. Karena kondisi ini, komunikasi dan pekerjaan saya terganggu. Sehingga terpaksa saya harus turun ke Tarempa agar dapat sinyal," ucap Edward, Jumat (11/3/2022).

Sementara, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kepulauan Anambas, Japrizal mengakui telah menyampaikan permasalahan tersebut ke pihak provider. Menurutnya, ada kerusakan alat di BTS Batu Tambun.

"Kita sudah informasikan kepada pihak provider. Dari informasi yang kita dapatkan, ada kerusakan alat pada BTS Batu Tambun. Dan kebetulan tidak ada alat pengganti di Anambas maupun di Batam, sehibgga menunggu barang dari luar daerah," jelasnya.

Japrizal menyarankan masyarakat, apabila terjadi gangguan akses telekomunikasi, bisa langsung menyampaikan informasi melalui website resmi provider tersebut.

"Misalnya ada gangguan akses telekomunikasi, masyarakat juga bisa menyampaikan langsung kepada provider melalui website resmi atau call centre. Dengan contoh provider telkomsel bisa melalui 188 atau website resmi telkomsel, melalui email dan menghubungi cs telkomsel," urainya.

Sementara, perwakilan provider telkomsel di Anambas, Fian Maulana mengakui, gangguan akses telekomunikasi di Batu Tambun dan sekitarnya, disebabkan oleh kerusakan alat.

"Alatnya disambar petir, penanganannya tidak bisa cepat karena harus menunggu barang. Bahkan baru hari ini barang itu akan tiba di Anambas. Mudah-mudahan paling lama, malam ini sinyal di Batu Tambun sudah normal," terangnya.

Editor: Yudha