Buka MTQ Ke-VII Anambas, Marlin: Masa Pandemi Iman Harus Diperkuat
Oleh : Alfredy Sialalahi
Selasa | 08-03-2022 | 13:20 WIB
wagub-marlin-anambas1.jpg
Wakil Gubernur Kepulauan Riau, Marlin Agustina buka MTQ ke-VII Kabupaten Anambas. (Alfredy/BTD)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Wakil Gubernur Kepulauan Riau, Marlin Agustina membuka secara resmi perhelatan MTQ ke-VII Tingkat Kabupaten Kepulauan Anambas yang berlokasi Masjid Agung Baitul Ma'mur, Selasa (8/3/2022). Pembukaan tersebut ditandai dengan pemukulan gong sebanyak 7 kali.

Dalam amanahnya, Wagub Kepri, Marlin Agustina menyampaikan bahwa pada masa pandemi, selain memperkuat imun, harus juga disertai dengan program penguatan iman. Hal tersebut bukan hanya tugas pemerintah, namun juga tugas seluruh elemen masyarakat.

"Di masa pandemi ini, iman harus diperkuat juga. Jangan jadikan perhelatan MTQ ini sebagai acara seremonial semata, jangan hanya ingin berlomba, tapi tujuan terlaksananya MTQ ini harus tercapai yaitu untuk membentuk karakter dan perilaku dalam bermasyarakat sesuai dengan yang tertulis dalam kitab suci," tegasnya.

Marlin juga menyinggung, sebagai Ketua LPTQ Kepri, pihaknya akan siap mendukung program pengembangan SDM disetiap daerah.

"Setiap daerah punya karakter tersendiri, maka dari itu kami ingin setiap daerah punya SDM yang mumpuni," jelasnya.

Sementara, Bupati Kepulauan Anambas, Abdul Haris pada sambutannya menyampaikan, tujuan utama MTQ untuk menghafal, memahami, dan melafalkan isi Alquran.

"Selain itu, kita juga harus bisa menyampaikan berita baik melalui dakwah. Sehingga seiring berjalannya waktu, program berahklakul qarimah itu bisa tercapai," ucapnya.

Sementara, Ketua Pelaksana MTQ ke-VII Kepulauan Anambas, Sahtiar menerangkan bahwa tujuan MTQ untuk menyeleksi qori-qoriah untuk mengikuti MTQ tingkat provinsi.

"MTQ kali ini diikuti oleh 637 peserta yang tergabung dari 10 kecamatan di Anambas. Dan acara MTQ ini berlangsung hingga Jumat (11/03/2022)," ucapnya.

Editor: Yudha