Tanamkan Nasionalisme Sejak Usia Dini

Bripka Robinhot Tak Sungkan Temani Putranya Kibarkan Bendera Merah Putih di Lereng Bukit
Oleh : Fredy Silalahi
Selasa | 17-08-2021 | 18:28 WIB
bendera-lereng-buktit.jpg
Bripka Robinhot Sinaga bersama putranya, Fransiskus Sinaga saat menghormat Bendera Merah Putih yang mereka kibarkan di lereng bukit, wilayah Kabupaten Kepulauan Anambas, Selasa (17/8/2021). (Ist)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Di masa pandemi Covid-19 yang berkepanjangan ini, banyak kerinduan masyarakat pada Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76.

Salah satunya yaitu upacara di tingkat sekolah. Pasalnya, upacara hanya dilakukan di tingkat kecamatan dan kabupaten, pun pesertanya dibatasi.

Rasanya tak ingin melewati hari spesial ini, salah satu putra penjaga perbatasan, Fransiskus Sinaga (4) dengan semangat mengibarkan Bendera Merah Putih di lereng bukit. "Ini bukti kerinduan masyarakat khususnya anak sekolah untuk mengikuti Upacara HUT RI. Namun karena pandemi, masih banyak kegiatan yang dibatasi. Sehingga dia (Fransiskus) mengajak saya untuk mengibarkan bendera di lereng bukit," kata Bripka Robinhot Sinaga, ayah dari Fransiskus Sinaga, Selasa (17/8/2021).

Robinhot menerangkan, sebelum 17 Agustus, Fransiskus telah mengingatkan kepada seluruh keluarga, untuk mengibarkan Bendera Merah Putih.

"Kemarin (Senin) dia sudah mengebu-gebu, dan semua orang yang dia temui, dia sebut harus mengibarkan Bendera Merah Putih pada saat HUT RI ke-76. Memang pagi tadi, dia langsung bergegas berganti pakaian dan mengajak saya untuk mengibarkan bendera, memberi hormat, dan mengucap MERDEKA...," terangnya.

Hal ini juga salah satu cara Bripka Robinhot Sinaga menanamkan nasionalisme sejak dini kepada putranya, yang juga generasi penerus bangsa.

Editor: Gokli