Lanal Tarempa Bersama LKKPN Riau Tanam Fragmen Terumbu Karang di Perairan Batu Belah
Oleh : Fredy Silalahi
Senin | 16-08-2021 | 20:52 WIB
tanam-fragmen-TK.jpg
Personel Lanal Tarempa saat menanam fragmen terumbu karang di Periaran Batu Belah, Anambas, Senin (16/8/2021). (Ist)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Pangkalan TNI AL Tarempa bersama Loka Kawasan Konservasi Perairan Nasional (LKKPN) Riau di Tarempa, menanam fragmen terumbu karang di Taman Wisata Perairan Pulau Temawan, Desa Batu Belah, Kecamatan Siantan Timur, Kabupaten Kepulauan Anambas.

Kegiatan Coral Reef Garden (CRG) dilakukan Senin (16/8/2021), dalam rangka memperingati HUT RI ke-76 tahun 2021.

Dalam kegiatannya, Lanal Tarempa mengerahkan 3 personel penyelam, Lettu Laut (KH) Rama Arcan, Serma Marinir Robert dan Kelasi Satu Kumpul Silitonga. Penanaman Terumbu karang dilaksanakan bersama dengan tim Loka Konservasi dan Tim penyelam Napoleon Anambas Dive Center.

Sebelum pelaksanaan kegiatan Fragmen Terumbu Karang, terlebih dahulu dilaksanakan pelatihan Transplantasi Terumbu Karang secara virtual oleh Amir Arifudin, Dosen Universitas Maritim Raja Ali Haji di Kantor Kepala Desa Batu Belah yang diikuti oleh seluruh peserta yang akan melaksanakan penanaman terumbu karang.

Dari Kampung Bahari Nusantara (KBN) Desa Batu Belah, Tim penyelam menuju Pulau Temawan menggunakan unsur patroli Lanal Tarempa, Patkamla Tarempa I.4.29 dan setibanya di Pulau Temawan dilaksanakan pembuatan Coral Garden dengan metode Transplantasi Terumbu Karang dengan 8 jenis Coral di antaranya Acropora Cardus di kedalaman 3 - 4 meter.

"Kegiatan ini merupakan kegiatan untuk menyambut dan memperingati HUT RI ke-76. Ini juga merupakan bentuk kepedulian Lanal Tarempa dalam rangka melestarikan ekosistem laut sekaligus mendukung wisata bahari di desa Batu Belah yang merupakan Kampung Bahari Nasional (KBN) Binaan Lanal Tarempa, selain itu pada kesempatan ini, kita dapat mengenalkan olahraga khas maritim yaitu olah raga selam, sekaligus kita memperlihatkan bahwa di Kepulauan Anambas mempunyai panorama bawah laut yang tidak kalah indahnya dengan tempat lain di nusantara yang sudah lebih dahulu dikenal," kata Komandan Lanal Tarempa, Letkol Laut (P) Yovan Ardhianto Yusuf, yang disampaikan Pjs Pasops Lanal Tarempa, Lettu Laut (KH) Rama Arcan.

"Sehingga dengan demikian, kegiatan ini diharapkan dapat memberikan nilai positif terutama bidang pariwisata, terhadap Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas, terkhusus bagi Masyarakat maritim disekitar KBN desa Batu Belah, sehingga akan berdampak terhadap peningkatan ekonomi mereka," ucapnya lagi.

Hadir dalam kegiatan Transplantasi Terumbu Karang diantaranya Pjs. Pasops mewakili Danlanal Tarempa, Loka Kawasan Konservasi Perairan Nasional Pekanbaru di Tarempa, Napoleon Dive Anambas Center, Dinas Perikanan Pertanian dan Pangan, Kades KBN. Batu Belah, Danposal Memperuk Lanal Tarempa, Babinpotmar Lanal Tarempa dan dibantu oleh masyarakat KBN desa Batu Belah.

Editor: Gokli