Dinas P3 Anambas Alokasikan Rp 17 Miliar untuk Petani dan Nelayan
Oleh : Fredy Silalahi
Rabu | 24-02-2021 | 18:07 WIB
kadisPPP-anambas-2.jpg
Kepala Dinas P3 Anambas, Effi Sjuhairi. (Dok/BTD)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Dinas Pertanian, Perikanan dan Pangan (Dinas P3) Kepulauan Anambas mengalokasikan anggaran sekitar Rp 17 miliar untuk memberikan bantuan kepada petani dan nelayan.

Kepala Dinas Pertanian, Perikanan dan Pangan (Dinas P3) Anambas, Effi Sjuhairi menerangkan, bantuan yang disalurkan berupa pupuk, bibit tanaman, benih ikan, perahu, radio, alat pancing dan hewan ternak.

"Bantuan ini kami berikan setahun sebanyak dua kali kepada petani, nelayan dan peternak. Tapi tergantung komoditinya juga, karena anggaran untuk mereka memang terus teranggarkan setiap tahun," jelas Effi Sjuhairi, Rabu (24/2/2021).

Effi menguraikan, anggaran tersebut berasal dari dana alokasi khusus (DAK) yang diprioritaskan oleh Pemerintah Pusat. "Untuk tahun lalu, besarannya tetap sama yaitu Rp 17 miliar," kata Effi.

Effi menyinggung, atas bantuan tersebut semakin banyak masyarakat tertarik untuk bertani. Sehingga DPPP Anambas bisa membentuk Balai Pertanian pada Desember lalu. Dengan tujuan untuk kemandirian daerah dan kebutuhan pangan Anambas bisa terpenuhi dengan atas hasil panen petani.

"Kami sudah membentuk balai Pertanian di tiga kawasan, yaitu wilayah Jemaja, Palmatak dan Siantan. Dari balai ini, kebutuhan sayur seperti cabai, dan sayur-sayuran akan tersedia. Kemudian dari tiga tempat ini akan dikembangkan lagi ke kecamatan tetangga yang berdekatan dengan Kecamatan Jemaja, Palmatak dan Siantan," tutupnya.

Editor: Gokli