Pasien Terkena Covid-19 di Anambas Bertambah 1, Total Jadi 4 Kasus
Oleh : Fredy Silalahi
Sabtu | 07-11-2020 | 18:36 WIB
anambas-4-covid.jpg
Ketua Pelaksana Harian Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kepulauan Anambas, Sahtiar. (Foto: Fredy Silalahi)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kepulauan Anambas kembali merilis warga Kecamatan Siantan yang terkonfirmasi positif. Ini diakui merupakan hasil tracing (pengembangan) dari pasien 01 dengan inisial BN.

Ketua Pelaksana Harian Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kepulauan Anambas, Sahtiar menerangkan, TW (26) merupakan pasien keempat yang terkonfirmasi positif covid-19 di Kecamatan Siantan, Kepulauan Anambas.

TW juga diduga sudah kontak langsung dengan BN ketika berada di Ranai, Natuna hingga perjalanan dari Ranai ke Tarempa, Siantan menggunakan KM Bukit Raya.

"Hasil tracing Satgas, TW (pasien 04) melakukan kontak langsung dengan BN (pasien 01). Sehingga pada saat mendapat kabar tersebut, Satgas langsung melakukan rapid test terhadap TW. Hasilnya pada saat itu reaktif, sehingga dilanjutkan swab dengan metode RT PCR. Hasil pertama positif dan hasil kedua juga positif," kata Sahtiar, Sabtu (7/11/2020).

Sahtiar mengakui, Satgas kembali melakukan tracing dari pasien 04 yaitu terhadap istri dan anak. Namun hasilnya negatif. "Meski demikian, istri dan anak TW masih karantina mandiri serta diawasi oleh Satgas. Selanjutnya kita akan tracing tempat beraktivitas TW dan tempat ia bekerja yaitu Dinas Perhubungan," jelasnya.

Sahtiar menerangkan, saat ini keempat pasien covid-19 masih dirawat di RSUD Tarempa. "Kalau memang ada yang butuh perawatan yang lebih, kita akan lakukan rujuk. Saat ini, para pasien masih bisa dirawat di RSUD," terangnya.

Sahtiar kembali mengimbau masyarakat agar tidak khawatir secara berlebihan. Namun harus tetap mengutamakan protokol kesehatan. "Gunakan masker, rajin mencuci tangan, hindari kerumunan dan menjaga jarak. Kami harap kerjasamanya untuk memutus mata rantai covid-19 di Anambas," ucapnya.

Seperti diketahui, keempat pasien covid-19 Kecamatan Siantan merupakan pegawai. 3 diantaranta pegawai Satpol PP, dan 1 dari Dinas Perhubungan. Keempat pasien tersebut merupakan rombongan yang melakukan perjalanan dari Ranai, Natuna menggunakan KM Bukit Raya.

Editor: Gokli